Anggotanya Lakukan Pungli, Kasatlantas Polrestabes Semarang Minta Maaf

METROSEMARANG.COM – Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi meminta maaf kepada masyarakat setelah anggotanya kedapatan mlakukan pungli dan terekam dalam video yang viral di media sosial. Ia bahkan telah bertemu dengan korban pungli untuk meminta maaf secara langsung.

Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi meminta maaf atas tindakan anak buahnya yang kedapatan melakukan pungli. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Pertama, secara etika saya mohon maaf atas peyimpangan yang dilakukan oleh anggota Satlantas Polrestabes Semarang. Saya akui anggota saya memang salah,” ujar Ardi di Mapolrestabes Semarang, Selasa (19/12) sore.

Ardi juga mengaku telah melakukan kontak langsung dengan orang yang pertama kali mengunggah video tersebut ke media sosial facebook. Ia menghubungi pengunggah yang bernama asli Zaka itu melalui pesan yang dikirim melalui facebook. 

Awalnya Zaka sempat ragu ketika diajak bertemu dengan Ardi, hingga pada akhirnya Ardi menentukan tempat yang netral yakni di Mapolrestabes Semarang.

“Saya yakinkan dia kalau saya Kasatlantas dan sudah melakukan penindakan kepada anggota saya dan agar berkenan untuk menerima permohonan maaf secara langsung. Karena juga memang kami juga butuh keterangan dari dia sebagai bahan pemeriksaan agar bisa disidangan,” imbuh Ardi.

Ardi dan Zaka bertemu di Lobi Polrestabes Semarang pada Minggu (17/12) lalu. Menurut Ardi juga kurang etis jika pertemuan tersebut dilakukan di tempat lain.

“Saya juga menjelaskan kepada Zaka, meskipun saya sudah meminta maaf kepadanya itu tidak mengurangi kesalahan yang telah dilakukan anggota saya. Proses hukum tetap akan berlangsung,” ujar Ardi.

Tak hanya itu, melalui akun Instagram @hms_poldajateng permintaan maaf atas tindakan menyimpang yang dilakukan anggota Satlantas Polrestabes Semarang juga dilayangkan.

Dalam foto yang diunggah pada Selasa (19/12) pagi itu juga tertulis beberapa baris kata permintaan maaf. Dalam foto tersebut juga dituliskan bahwa Bripka A telah dinonaktifkan dari anggota Satlantas Polrestabes Semarang.

“Mitra Humas, terkait dengan beredarnya video tentang oknum anggota Satlantas Polrestabes Semarang yang melakukan pungli, kami atas nama Polda Jateng menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat atas apa yang telah diperbuat oleh oknum Polri tersebut. Saat ini, Bripka A sudah dinonaktifkan dari anggota Satlantas dan sedang menjalani pemeriksaan oleh Propam Polrestabes Semarang dan segera diajukan untuk sidang disiplin. Polda Jateng berkomitmen akan menindak tegas oknum-oknum yang bertindak tidak sesuai ketentuan atau prosedur yang berlaku” tulis Humas Polda Jateng dalam postingannya. (fen)

You might also like

Comments are closed.