Antara Desak-Desakan, Tubrukan, Guyub dan Rukun

Lomba Tangkap Lele Jabungan

Ratusan orang berebut 2,5 kuintal lele. Satu diantaranya berbobot sekitar 8 kilogram.

 

ADA berbagai macam kegiatan yang bisa diselenggarakan sebagai sarana hiburan bagi warka kampung pinggiran di Kota Semarang. Salah satunya di Kampung Jabungan, Banyumanik, Semarang. Persatuan Remaja Kidul Gunung (Perak), menyelenggarakan perlombaan tangkap ikan lele yang diikuti oleh ratusan peserta dan sebagian besar merupakan warga Jabungan.

 

Keceriaan tampak pada ratusan peserta yang tumpah ruah di bendungan buatan di Kali Sadam. Sungai yang merupakan perbatasan antara Kabupaten dengan Kota Semarang itu menjadi tempat digelarnya kegiatan yang membangun persatuan dan keguyubrukunan antar warga. Tak pandang usia dan gender, mereka berebut ikan lele di satu kubangan yang sama. Berdesak-desakan dan bertubrukan tanpa perkelahian setelahnya.

 

Ini adalah perlombaan kali kelima yang digelar oleh Perak. Kali ini panitia menyediakan 2,5 kuintal ikan lele untuk diperebutkan. Satu diantaranya berbobot sekitar 8 kilogram. Yang berhasil menangkapnya berhak mendapatkan hadiah berupa sejumlah uang dan alat kebutuhan rumah tangga. (Efendi)

Comments are closed.