Antisipasi Genangan, Pengerukan Sungai Dikebut  

image
Ilustrasi

SEMARANG – Untuk mengantisipasi persoalan banjir dan genangan, beberapa sungai di Kota Semarang dibersihkan. Pantauan di lapangan, Senin (10/11/2014) tiga unit alat berat dikerahkan untuk mengeruk sedimentasi di Kali Asin dan Kali Baru.
 
Camat Semarang Utara, Djaka Sukawijana mengatakan, Pemkot Semarang telah melaksanakan persiapan untuk menghadapi musim hujan. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di wilayahnya, fokus pengerukan di Kali Asin dan Kali Baru yang memiliki sedimentasi tinggi. Selain itu pembuatan drainase di kawasan Kota Lama.
 
Menurutnya, dibandingkan tahun lalu kondisi air yang menggenang lebih cepat surut. Pihaknya juga menempatkan beberapa personel untuk menjaga posko Penanggulangan Bencana (PBA).
 
‘’Selain itu kami terus melakukan pengerukan di beberapa saluran sekunder dan tersier. Pengerjaannya sudah sekitar 90 persen. Kami targetkan akhir tahun ini sudah beres,’’ ujarnya.
 
Dia berharap, warga juga ikut menjaga kebersihan lingkungan terutama tidak membuang sampai di sungai. ‘’Komunikasi yang baik dengan seluruh jajaran dan masyarakat diperlukan sebagai sikap waspada di musim hujan. Peran serta masyarakat juga dibutuhkan agar sadar akan kondisi lingkungan masing-masing,’’ imbuhnya. 
 
Sementara Kepala BPBD Kota Semarang, Iwan Budi Setiawan mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi bencana menghadapi musim penghujan 2014 dengan memetakkan wilayah rawan tanah longsor dan banjir. Selain itu pihaknya juga melakukan antisipasi dengan menyiapkan relawan di tiap kelurahan.
 
‘’Para relawan diberi keterampilan penanganan korban untuk menghadapi musim hujan 2014 dan dibekali peralatan komunikasi untuk memudahakan koordinasi dan pengambilan keputusan saat terjadi bencana,’’ katanya. (MS-13)

You might also like

Comments are closed.