Antisipasi Kecelakaan Haji, Kemenag Perbaiki Layanan di Mekkah

METROSEMARANG.COM – Untuk meminimalisir potensi kecelakaan saat penyelenggaraan ibadah haji, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang menyatakan pada bulan ini mulai memperkuat koordinasi lintas sektoral untuk membenahi berbagai pelayanan di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

Ilustrasi
Foto: dok metrojateng.com

Syamsudin, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji, Kemenag Kota Semarang mengatakan pihaknya telah menambah jumlah layanan katering bagi calon jamaah sebanyak dua kali di area penginapan.

Segala bentuk keluhan baik menyangkut jalur pemberangkatan maupun selama pelaksanaan ibadah Jumrah Aqabah di Mina.

“Kita sudah memperkuat koordinasi lintas dinas. Kita merubah pola pemberian kateringnya. Di tahun ini, sudah ada ketering dua kali sehari. Pelayanan juga sudah dimaksimalkan oleh petugas penyelenggara haji baik saat di Semarang maupun Mekkah,” katanya, Jumat (21/4).

Menurutnya wilayah Kota Semarang mendapat jatah memberangkatkan tujuh kloter jemaah haji. Ada sebanyak 2.184 jemaah yang akan diterbangkan mulai Juni 2017 nanti.

Tiap kloternya, ia menyebut terdapat 360 jemaah termasuk petugas pengawas dan tim kesehatan Kemenag.

“Kita tetap memakai pesawat Garuda Indonesia karena maskapai itu dinilai jadi yang terbaik di penerbangan dunia,” jelasnya.

Ia mengatakan saat ini ingin mengejar targer peningkatan kepuasan pelayanan dalam penyelenggaraan haji. Bila tahun lalu nilaibkepuasan jemaah mencapai 84 persen, maka di tahun ini jumlahnya ditarget lebih dari 90 persen.

“Ini artinya kami harus terus memperbaiki layanan haji. Biar tidak ada keluhan. Sehingga saya berharap ke depan mampu menggairahkan pelaksanaan ibadah haji di Indonesia,” tukasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.