Antisipasi Kekeringan, Dua IPA Berkapasitas Ribuan Liter Disiapkan

METROSEMARANG.COM – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Semarang mengantisipasi adanya permintaan kebutuhan air bersih dari warga di musim kemarau ini. Dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) pun sudah disiapkan untuk memberikan bantuan air.

Instalasi Pengolahan Air (IPA) mobile milik PDAM Kota Semarang ini bisa digunakan membantu korban bencana yang membutuhkan air bersih. Foto: metrosemarang.com/dok

Humas PDAM Kota Semarang Joko Purwanto mengatakan, dua instalasi pengolahan air yang telah disiapkan yaitu IPA Kaligarang dan Kudu. Dua instalasi pengolahan tersebut memiliki kapasitas produksi air yang cukup besar dan bisa memenuhi permintaan warga.

”Untuk saat ini belum ada permintaan dropping air dari warga maupun BPBD. Karena untuk bantuan kekeringan, biasanya kami menerima permintaan dari BPBD Kota Semarang,” kata Joko Purwanto, Rabu (30/8).

Namun, PDAM siap menyediakan dan mengirimkan bantuan air bersih dari produksi IPA Kaligarang dan Kudu, kapana saja ada permintaan dari masyarakat yang mengalami kekeringan. Sebanyak 8 armada truk tangki juga telah disiapkan untuk mengirimkan air.

Untuk IPA Kaligarang I, kata Joko Purwanto, kapasitas produksi airnya mencapai 600 liter/detik. Kemudian IPA Kaligarang 2 sebanyak 80 liter/detik, IPA Kaligarang 3 sebanyak 300 liter/detik, dan IPA Kaligarang 4 sebanyak 250 liter/detik. Sementara IPA Kudu juga mencapai sebanyak 1.250 liter/detik. (duh)

You might also like

Comments are closed.