Antisipasi Kerusakan, KPU Siapkan APK Cadangan

Alat peraga kampanye yang diamankan Satpol PP Kota Semarang. Penertiban serupa juga akan dilakukan selama proses pelaksanaan tahapan Pilwakot. Foto: metrosemarang.com/dok
Alat peraga kampanye yang diamankan Satpol PP Kota Semarang. Penertiban serupa juga akan dilakukan selama proses pelaksanaan tahapan Pilwakot. Foto: metrosemarang.com/dok

 

METROSEMARANG.COM – Alat Peraga Kampanye (APK) berupa umbul-umbul sudah mulai dipasang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang pada Selasa (13/10) lalu. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti perusakan dan penghilangan APK tersebut KPU sengaja membuat cadangan sebanyak 10 persen dari jumlah APK yang dibuat.

Menurut Divisi Hukum Pengawasan Pencalonan dan Kampanye KPU Kota, Agus Suprihanto, pemasangan APK tersebut ditempatkan mulai dari tingkat kelurahan dan kecamatan se Kota Semarang.

“KPU telah menyiapkan cadangan 10 persen untuk mengganti APK yang rusak. Pemasangan APK tersebut sesuai ketentuan, yakni umbul-umbul perpasangan calon disebar di 16 kecamatan. Sementara spanduk sekitar 354 dengan rincian dipasang 2 tiitk perkelurahan,” kata dia, Kamis (15/10).

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin mengatakan masing-masing paslon mendapat APK berupa spanduk dan umbul-umbul sesuai kebutuhan yang telah ditentukan KPU.

“Panwas akan melakukan pemantauan secara rutin terhadap APK yang sudah terpasang. Kami juga meminta agar KPU kota segera menyiapkan pengganti terhadap APK yang mengalami kerusakan,” jelasnya.

Selain itu, Panwaslu juga mengimbau para Paslon dan tim pemenang untuk ikut menjaga dan merawat APK yang sudah terpasang tersebut. (ade)

You might also like

Comments are closed.