Antisipasi Pelanggaran, Panwaslu Koordinasi dengan Pihak Keamanan

METROSEMARANG.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jateng melakukan rapat koordinasi dengan beberapa pihak terkait dalam rangka pengawasan pemilu yang akan dihelat tahun depan.

Rapat koordinasi pengawasan Pilkada di Hotel Pandanaran, Senin (18/12)

Sejumlah pihak yang diundang di antaranya Panwaslu, Polrestabes Semarang, Koramil, Polsek se Kota Semarang, hingga petugas keamanan dan ketertiban (kamtib) dari setiap kecamatan. Rapat koordinasi berlangsung di Hotel Pandanaran Semarang, Senin (18/12).

Ketua Panwaslu Kota Semarang Muhammad Amin mengatakan, koordinasi dilakukan menghadapi pesta demokrasi baik pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2018, maupun pemilihan legislatif dan pemilihan presiden (pileg dan pilpres) serentak 2019.

‘’Tujuannya untuk bersama-sama melakukan pencegahan pelanggaran pemilu, dan juga sebagai media sosialisasi karena pemilu kali ini beririsan yaitu Pilgub, Pileg dan Pilres 2019,’’ sebutnya.

Sebagai salah satu lembaga penyelenggara pemilu, kata Amin, Panwaslu ingin menyampaikan informasi hingga ke jajaran di tingkat TPS (Tempat Pemungutan Suara), agar mengantisipasi potensi pelanggaran pemilu.

‘’Karena sebagai pengawas pemilu kami ingin mewujudkan kondusifitas dan menekan pelanggaran pemilu hingga ke angka terendah. Khususnya kami ingin melakukan antisipasi potensi pelanggaran di tingkat kecamatan,’’ ujarnya.

Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan rawan pelanggaran pemilu, yaitu di tingkat kecamatan seperti di perbatasan Pedurungan dan Demak serta Mangkang dengan Kendal. (duh)

You might also like

Comments are closed.