Api Misterius di Jangli Tlawah, Paranormal: Itu Ulah Jin

Salah seorang warga menunjukkan tikar yang terbakar akibat kemunculan api misterius di Jangli Tlawah. Foto: metrosemaranf.com/fariz fardianto
Salah seorang warga menunjukkan tikar yang terbakar akibat kemunculan api misterius di Jangli Tlawah. Foto: metrosemaranf.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Sejumlah paranormal menganggap munculnya api misterius di dalam rumah warga Kampung Jangli Tlawah III RT 06/V Candisari Semarang, akibat gangguan makhluk astral.

Seperti diketahui, warga Jangli Tlawah Candisari Semarang digemparkan dengan kemunculan api misterius. Api misterius itu kini telah membakar tiga rumah milik tiga bersaudara, Ruswanto, Kusranto dan Kastari yang tinggal di sudut kampung tersebut.

“Itu ulah jin buat menghasut orang-orang melakukan ritual yang menyimpang dari agama Islam,” terang Slamet Wisnu Aji, Wakil Ketua komunitas paranormal Semarang Angkers (Semarangkers), kepada metrosemarang.com, Sabtu (20/2).

Karena itulah, ia mengimbau kepada warga setempat untuk menyikapi fenomena ganjil tersebut secara bijasana. Warga sebaiknya tetap berpedoman pada kaidah agama yang diyakini masing-masing.

“Makanya, kita harus bijak saat menyikapi hal-hal seperti ini. Apalagi, jin itu punya perilaku yang selalu berusaha memfitnah manusia,” kata Slamet menambahkan.

Meski begitu, ia enggan mengungkap dari mana jin yang mengganggu warga Jangli Tlawah. Pun demikian soal spekulasi sebagian orang yang menyebut api misterius muncul akibat keluarga Kastari sedang terlibat sengketa kepemilikan tanah dengan warga lainnya.

“Saya tidak bisa mengungkap secara rinci supaya tidak timbul sesuatu yang menyesatkan warga setempat. Yang jelas, kami pernah dua kali menemukan fenomena gaib ini. Pertama kali di Gunungkidul pada Oktober 2015 dan kedua di sini,” ungkap Slamet, sembari menambahkan bila beberapa paranormal sejak Jumat (19/2) malam telah mendatangi lokasi kejadian untuk merukiyah di tiga rumah warga.

“Saya sendiri sudah dua kali memantau lokasi munculnya api misterius di Jangli. Ya, sejak Kamis dan Jumat kemarin,” katanya.

Saat dilaporkan ada 20 kejadian api misterius muncul, ia pun telah mendeteksi di dalam rumah memakai logika. “Awalnya, kita kira dari gas tapi setelah dicek di dalam rumah ternyata tidak ada unsur gas sama sekali,” katanya.

Lalu, lanjut Slamet, beberapa paranormal menelisik dari segi ilmu metafisika melalui mata batin. Dari situlah, ia menemukan gangguan dari jin. “Kemungkinan ada faktor X. Untuk itu, warga harus menguatkan iman masing-masing agar tidak terjerumus ke hal-hal yang sesat,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.