Aplikasi “Ayo Piknik” Antar Mahasiswa Udinus Jadi Juara ITCC 2015

Foto: dok udinus
Foto: dok udinus

METROSEMARANG.COM – Aplikasi travel “Ayo Piknik” mengantarkan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Khaerul Anwar sebagai juara 1 ajang Information Technology Creative Competition (ITCC) 2015 tingkat nasional. Karyanya terbaik untuk kategori sistem informasi.

Mahasiswa program studi Teknik Informatika angkatan 2012 itu menjelaskan, “Ayo Piknik” merupakan sistem informasi agen travel pariwisata. Aplikasi tersebut untuk memudahkan para agen memberikan informasi kepada konsumen.

“Secara umum, fitur yang ditawarkan dari sistem ini memang tak jauh berbeda dengan sistem serupa yang lain. Namun ada fitur yang membuat Ayo Piknik berbeda dengan yang lain, yakni pengelolaan reservasi paket wisata yang disertai dengan lokasi wisata,” kata mahasiswa yang biasa disapa Aan itu, Selasa (17/11).

Desain tampilan yang user friendly menjadi keunggulan aplikasi mik Aan. Desain merupakan elemen penting dalam penilaian yang membuat Ayo Piknik menjadi yang terbaik.

Aan, masuk dalam babak final usai meyisihkan puluhan peserta dari berbagai universitas di Indonesia. Di babak penyisihan, Aan hanya memerlukan waktu selama satu minggu untuk membuat proposal awal dari sistem yang dibuat, yakni Ayo Piknik.

Usai lolos seleksi dan masuk dalam 10 besar, Aan dan sembilan peserta yang lain kemudian diberi kesempatan oleh panitia untuk mengembangkan sistem yang telah dibuat. Pengembangan yang dilakukan sesuai dengan permintaan oleh panitia.

Berkat karyanya tersebut, Aan berhasil mengumpulkan poin sebanyak 5218 dari ketiga juri. Perolehan ini terpaut 38 poin dan 83 poin dari juara 2 dan 3 yang ditempati oleh mahasiswa asal Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Universitas Atmajaya Jogjakarta (UAJ).

Usai menyabet juara 1 pada lomba yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi, Universitas Udayana, Aan berharap Ayo Piknik dapat dikembangkan lagi dengan fitur-fitur baru. Sehingga sistem yang dibuatnya dapat lebih menarik.

“Harapan saya dengan adanya Ayo Piknik ini,  di kemudian hari bisa jadi solusi untuk meningkatkan perekonomian Indonesia di bidang pariwisata”, ujar Aan. (arf)

You might also like

Comments are closed.