Aplikasi “Calova” Antar UGM Raih Juara di Dinacom 2016

 

Dinus Application Competition 2016

METROSEMARANG.COM – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sukses menyabet gelar juara dalam event Dinus Application Competition (Dinacom) 2016 untuk kategori perguruan tinggi. Sedangkan MAN Sidoarjo berhasil menjadi yang terbaik di kategori pelajar dalam event yang diselenggarakan Dian Nuswantoro Computer Club (DNCC) tersebut.

Usai melalui tahap yang cukup panjang mulai dari roadshow di beberapa kota di Jawa Tengah, penjurian babak final Dinacom 2016 berlangsung pada Minggu (28/2) di aula gedung E Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

Total ada 20 aplikasi terbaik yang masuk dalam babak final, 10 aplikasi tingkat pelajar dan 10 aplikasi dari kalangan mahasiswa. Mereka lantas diharuskan mempresentasikan aplikasi hasil karyanya di hadapan juri.

MAN Sidoarjo akhirnya berhasil menyabet juara 1 untuk kategori pelajar. Tim yang dipimpin oleh Cessara Raam Musrianik ini sukses memikat juri dengan Aplikasinya bernama “Sesamus”.

Aplikasi berbasis andorid tersebut dibuat dengan tujuan untuk membantu rekan-rekannya sesama siswa agar lebih mudah mempromosikan dan mengembangkan usahanya. “Kami bikin Sesamus ya tujuannya bantu siswa yang lain biar gampang promosi usaha yang mereka miliki,” ujar Cessara di hadapan juri.

Juara 2 diraih tim SMK Madinatul Qur’an, Jonggol, Bogor. Sementara, SMKN 3 Kendal yang dipimpin Tri Pujiningtyas harus puas menyabet juara 3.

Persaingan di kategori perguruan tinggi juga tak kalah sengit. Tiga perguruan tinggi ternama di Jateng-DIY bersaing untuk memperoleh nilai terbanyak dari dewan juri.

Tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan aplikasi “Calova” berhasil menyabet juara 1. Sedangkan tim dari Udinus dengan aplikasi bernama “Serabutan.id” harus puas dengan juara 2. Disusul tim dari STMIK Amikom Purwokerto sebagai juara 3 dengan aplikasi “math adventure”.

Rektor Udinus, Edi Noersasongko menuturkan, tahun ini Dinacom mengalami beberapa perkembangan. Hal itu terlihat dari meningkatnya jumlah peserta dan jenis aplikasi yang semakin bervariatif.

Salah satu juri Dinacom, Dr. Suprapedi, M.Eng. yang juga menjadi peneliti di pusat penelitian Fisika, LIPI ini memberikan apresiasi kepada Udinus karena sebagian besar aplikasi buatan Udinus digunakan oleh Pemerintah Kota Semarang. (din)

You might also like

Comments are closed.