Aplikasi Web ERP untuk Pendataan Bisnis Apotek

Buatan Mahasiswa USM

Web ERP merupakan sistem informasi yang mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan produksi, distribusi, akuntansi dan lainnya.

MAHASISWA program studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Unversitas Semarang (USM), Agustina Setiyowati, Latifah Ayu Ramadhani, Moh Khoirul Amin dan Susilo Hadi Pangestu menawarkan apikasi Web Enterprise Resource Plainning (ERP) berbasis open source kepada Apotek Sehati yang terletak di Jalan Satrio Wibowo III nomor 68 Tlogosari, Kota Semarang.
Dijelaskan, Web ERP merupakan sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur yang saling mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan produksi, distribusi, akuntansi dan lainnya.
web erp
Mahasiswa program studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Unversitas Semarang (USM) menawarkan aplikasi Web ERP kepada Apotek Sehati di Jalan Satrio Wibowo III nomor 68 Tlogosari, Kota Semarang. Foto: dokumentasi
Sebelumnya, mereka melakukan wawancara dan observasi proses bisnis di Apotek Sehati. Melalui tahap tersebut, mereka dapat menganalisa serta memetakan fungsionalitas modul dengan proses bisnis mitra dengan menyesuaikan modul yang ada pada aplikasi ERP.
“Apotek Sehati sudah menggunakan sistem yang terkomputerisasi untuk pendistriusian obat dan transaksi. Tetapi semua datanya belum saling terintegrasi. Maka dari itu, kami menerapkan sistem Web ERP yang merupakan tugas akhir dari mata kuliah pemrograman aplikasi bisnis,” kata salah satu mahasiswa, Latifah Ayu Ramadhani, Kamis (10/1/2019).
Selanjutnya keempat mahasiswa tersebut mensimulasikan data yang didapatkan pada Aplikasi Web Erp ini yang diterapkan pada pendistribusian obat, customer,  transaki dan laporan.
Diharapkan dengan adanya kegiatan penerapan aplikasi Web ERP ini dapat membantu para pelaku usaha dalam melakukan proses manufaktur dan meminimalisir permasalahan yang ada pada proses manufaktur. (*)

 

Artikel ini telah dipublikasikan oleh metrojateng.com 
You might also like

Comments are closed.