Atraksi 25 Grup Drumblek Berebut Piala Wali Kota Salatiga

SALATIGA – Sebanyak 25 grup dari Salatiga dan Kabupaten Semarang akan tampil dalam Artesa Drumblek Fest. Even tersebut diadakan dalam rangka Anniversary ke-25 Karang Taruna Mekar Jaya Sub Unit 3.

kesenian salatiga
Artesa Drumblek Fest. (foto: istimewa)

Ketua Panitia, Budi mengungkapkan Artesa Drumblek Fest diadakan di Lapangan Artesa Gamol, Kecandran, Salatiga pada Minggu (6/5). “Peserta akan memerebutkan Piala Ketua DPRD Salatiga dengan total hadiah Rp 7,9 juta,” jelasnya.

Budi menuturkan festival ini bertujuan memberikan wadah positif untuk kesenian lokal. Dengan adanya festival ini, diharapkan ada kompetisi yang sehat antar grup sehingga semakin meningkatkan kreativitas dan potensi kaum muda agar tak terjerumus ke narkoba dan pornografi.

Drumblek merupakan grup marching band yang menggunakan alat musik dari barang-barang daur ulang. Seperti tong, blek dan sejumlah barang lain yang mengeluarkan bunyi hingga dipadukan menjadi menarik.

“Kami mencoba memberikan tempat dan wadah bagi grup drumblek agar bisa menampilkan kemampuannya, baik dari segi koreografi, musikalitas, maupun kekompakan,” terangnya.

Ditambahkan, dengan seringnya grup drumblek tampil maka akan terpupuk rasa percaya diri. “Ini adalah ajang kita bersama. Di sini bisa silaturahmi dan diskusi antar grup, sehingga kekurangan yang ada bisa tertutupi dan kelebihan terus ditingkatkan agar kualitas permainan drumblek semakin meningkat,” ungkapnya. (far)

Comments are closed.