Awal Agustus, 432 PNS Ikut Beribadah Haji ke Tanah Suci

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 432 pegawai negeri sipil (PNS)  di wilayah Pantura Jawa Tengah dipastikan akan berangkat menunaikan ibadah haji mulai 1 Agustus mendatang. Jumlah jemaah dari kalangan pegawai negeri menempati posisi ketiga terbanyak setelah karyawan swasta dan ibu rumah tangga.

Ratusan jemaah haji sujud syukur saat tiba di Islamic Center Semarang, Kamis (22/10/2016). Tahun ini ada 2.180 jemaah haji asal Semarang. Foto: metrosemarang.com/dok

“Dari total keseluruhan 2.180 jemaah haji yang berangkat dari Semarang, ada 19,72 persen di antaranya atau sebanyak 432 orang bekerja sebagai PNS,” ungkap Tantowi Jauhari, Staf Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Semarang saat ditemui di kantornya, Kamis (27/7).

Kemudian, lanjutnya ada pula pegawai swasta yang berangkat haji sebanyak 680 orang, ibu rumah tangga 426 orang, TNI/Polri 36 orang, pedagang 223 orang, petani dan nelayan 85 orang, pelajar dan mahasiswa 35 orang, pegawai BUMN/BUMD ada 81 orang, pensiunan 182 orang serta lainnya 10 orang.

Ia mengatakan rombongan jemaah haji akan berangkat dari Semarang mulai 1 Agustus nanti. Kloter 18 merupakan rombongan pertama yang berangkat ke Embarkasih Haji Donohudan sebelum diterbangkan ke Tanah Suci Mekkah.

“Tanggal 1 Agustus atau tepat Selasa besok rombongan kloter 18 akan berangkat naik bus dari Kantor Kemenag menuju Embarkasih Donohudan,” kata Tantowi lagi.

Ia mengaku telah menyiapkan 11 petugas untuk membantu pengamanan jemaah haji. “Itu gabungan dari Demak dan sekitarnya,” paparnya.

Setiap kloter juga akan diback-up dua tenaga medis yang terdiri dari seorang dokter dan perawat. (far)

You might also like

Comments are closed.