Awas, Ada Patahan di Turunan Depan Untag

METROSEMARANG.COM – Kerusakan kembali terjadi di ruas Jalan Pawiyatan Luhur, tepatnya di turunan depan Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag). Patahan kembali muncul di ujung turunan dan pengguna jalan melambatkan laju kendaraannya.

Patahan yang kembali muncul di turunan depan Untag, Jalan Pawiyatan Luhur. Foto: metrosemarang.com

Warga setempat, Kastomo (30) menuturkan, kerusakan tersebut sudah terlihat sejak sepekan terakhir. Ada bagian aspal yang ambles sehingga menimbulkan cekungan dengan kedalaman sekitar 20 centimeter.

“Lokasinya masih sama dengan kerusakan sebelumnya. Kondisi ini sangat membahayakan pengguna kendaraan karena berada tepat sebelum turunan. Apalagi sekarang juga dilewati bus Trans Semarang,” kata dia, Sabtu (6/5) pagi.

Tomo menambahkan, tak sedikit pengendara yang terjebak di cekungan tersebut. “Kemarin saja sudah ada dua mobil yang nyangkut di situ dan terpaksa diderek mundur,” ujarnya.

Menurut Tomo kerusakan Jalan Pawiyatan Luhur sudah biasa terjadi. Setidaknya ada dua titik yang menjadi langganan rusak, yakni di turunan depan Untag dan sekitar 100 meter di depannya.

Padahal sekitar pertengahan Maret tahun ini sudah dilakukan perbaikan dengan pengaspalan dan mengepras bagian jalan yang bergelombang. “Biasanya kalau habis diguyur hujan yang cukup lama, pasti seperti ini (ambles),” beber Tomo.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, Tomo dan warga sekitar berinisiatif untuk mengatur arus lalu lintas. Sebelumnya warga juga pernah secara swadaya menambal patahan menggunakan paving, meski tidak bisa bertahan lama.

“Semoga dinas terkait segera melakukan perbaikan, karena jalur ini sekarang semakin ramai dengan adanya BRT,” harapnya.

Seperti diketahui, Jalan Pawiyatan Luhur menjadi rute BRT Koridor 5 dan 6 yang resmi dioperasikan sejak 31 Maret 2017. Keberadaan jalan ini juga cukup vital dan menjadi penghubung Sampangan dan Jatingaleh. (twy)

You might also like

Comments are closed.