Awas, Buang Sampah Sembarangan Bisa Dibui 5 Bulan

Pedagang pasar yang tidak bisa menjaga kebersihan bisa terkena denda atau hukuman penjara. Foto Metrosemarang
Pedagang pasar yang tidak bisa menjaga kebersihan bisa terkena denda atau hukuman penjara. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Jika anda termasuk orang yang tidak cinta akan kebersihan dan suka membuang sampah sembarangan, mulai saat ini biasakan untuk tertib. Pasalnya, Pemkot Semarang bakal menegakkan aturan  Perda 6 Tahun 1993 tentang kebersihan kota, dengan ancaman denda maksimal lima bulan kurungan.

Kepala Bidang Tribun dan Tranmas Satpol PP Kota Semarang, Kusnandir mengatakan, sejauh ini sudah ada dua pelaku yang tertangkap karena kedapatan tidak memperhatikan kebersihan sekitarnya. Mereka adalah dua pedagang yang kedapatan nekat membuang sampah di tempat umum. Keduanya akhirnya disidang di balai kantor Kelurahan Karangayu.

“Selain itu, mereka juga dijatuhi denda Rp 50 ribu dan ancaman kurungan 5 bulan. Hal tersebut tentunya sebagai pelajaran buat mereka karena membuang sampah sembarangan dan tidak menyediakan tong sampah,” tutur Kusnandir.

Sanksi tegas tersebut, lanjut dia,  tak hanya akan diberlakukan buat para pedagang. Namun juga diterapkan bagi seluruh warga Semarang yang selama ini masih nekat membuang sampah di sungai dan selokan. “Orang-orang yang tidak menjaga kebersihan di Semarang juga akan terkena sanksi,” imbuhnya.

Sementara itu, agar warga Kota Semarang tetap menjaga kebersihan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan merevisi Perda Kebersihan yakni dengan  menaikkan denda hukuman bagi para pelanggar aturan. (yas)

You might also like

Comments are closed.