Awas! Color Run Jadi Sasaran Scammer

Ilustrasi
Ilustrasi

COLOR run telah menjadi tren di kalangan anak-anak muda. Sesuai namanya, event ini dikemas hanya untuk bersenang-senang dan menjadi moment sempurna untuk ditampilkan dalam akun Instagram, twitter atau social media lainnya. Tak ada batasan waktu, di mana peserta akan disambut lemparan warna di tiap kilometernya.

Tapi, sebuah laporan CBS News ini layak membuat Anda lebih berhati-hati. Saat ini, scammer mulai mengincar popularitas color run untuk menyedot uang Anda. Modusnya, mereka membuat event color run dan mencari peserta secara online. Tapi, cara tersebut sebenarnya hanyalah akal-akalan untuk mendapatkan uang karena memang tidak ada event yang digelar.

Modus lainnya, mereka tiba-tiba membatalkan acara tetapi tidak mengembalikan biaya yang sudah dibayarkan oleh calon peserta. Departemen polisi setempat sudah mengantongi beberapa organizer yang diduga melakukan praktik ini, salah satunya 5 Mile.

Seperti dikutip dari Cosmopolitan, ada beberapa tips untuk menghindarkan Anda dari praktik penipuan dengan modus seperti ini. Anda disarankan terlebih dulu googling untuk mengetahui secara detil tentang organizer yang akan menggelar color run. Anda juga bisa mencari tahu tentang tempat yang akan dijadikan lokasi, untuk memastikan bahwa acara tersebut benar-benar akan dilakukan di situ.

Beberapa organizer color run mengemas acara dengan label amal. Artinya, sebagian pemasukan akan disumbangkan untuk kegiatan amal. Jika masih ragu apakah  uang Anda benar-benar disumbangkan untuk amal, Anda juga bisa mengorek keberadaan lembaga amal yang berafiliasi dengan kegiatan tersebut. (twy)

You might also like

Comments are closed.