Awas! Gelombang Pasang Laut Jawa Bergerak Naik 1 Meter

METROSEMARANG.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang memperingatkan kepada masyarakat di jalur Pantai Utara Jawa Tengah untuk mewaspadai peningkatan arus gelombang pasang di Laut Jawa yang telah mencapai 1 meter.

Gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan Laut Jawa. Foto: metrosemarang.com/dok

Analis gelombang perairan di Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas, Wahyu Sri Mulyani mengatakan, kenaikan gelombang pasang di perairan Laut Jawa sudah terjadi sejak awal bulan ini dan pihaknya belum bisa memperkirakan sampai sejauh mana kondisi tersebut akan berlangsung.

“Laut Jawa tinggi gelombangnya 1 meter. Kalau perairan Laut Selatan Jawa sampai 4 meter tetapi itu tidak ada hubungannya dengan rob,” kata Wahyu saat dikonfirmasi metrosemarang.com, Sabtu siang (3/6).

Berdasarkan data analisa perubahan ketinggian gelombangperairan dari pihaknya per hari ini pukul 11.00 WIB, tinggi gelombang normal berada pada angka 60 centimeter.

Kemudian gelombang pasang diperkirakan maksimal naik mencapai 107 centimeter pada pukul 15.00 WIB sore nanti. Kondisi rob akan mulai surut pukul 19.00 WIB dengan ketinggian 70 centimeter.

“Ini terjadi karena adanya angin yang bertiup dari arah barat laut menuju ke renggara dengan kecepatan maksimum 2 knots sampai 15 knots. Inilah yang merubah pola pergerakan gelombang pasang di garis pantai Jawa Tengah,” bebernya.

Dengan kondisi cuaca tersebut, ketinggian gelombang di permukaan laut sekitar 0,2-0,75 meter.

Ia memperkirakan perairan utara Jateng hari ini akan diguyur hujan ringan. “Apalagi ada kecenderungan sinoptik wilayah selatan Kaltim, Laut Karimunjawa dan perairan utara Jateng akan berubah jadi berawan dan berpeluang hujan,” tutur Wahyu. (far)

You might also like

Comments are closed.