Awas, Jangan Mudah Tergoda dengan Tawaran Diskon

Perang diskon yang digelar pusat perbelanjaan menggoda masyarakat untuk berbondong-bondong berbelanja kebutuhan Lebaran. Foto: metrosemarang.com/dok
Perang diskon yang digelar pusat perbelanjaan menggoda masyarakat untuk berbondong-bondong berbelanja kebutuhan Lebaran. Foto: metrosemarang.com/dok

MENJELANG Lebaran kegiatan utama yang diburu adalah berbelanja kebutuhan untuk menunjang penampilan dalam moment tahunan tersebut. Salah satunya adalah masalah sandang. Biasanya, pusat perbelanjaan berlomba memberikan diskon untuk menarik pembeli membeli kebutuhan belanja di tempatnya. Namun berhati-hatilah, jangan sampai Anda tergiur dan tertipu oleh diskon yang diberikan. Simak ulasan berikut.

1. Pilih Barang dengan Hati-hati

Telitilah sebelum membeli. Banyak penjual yang bermain curang dengan mencampurkan barang kondisi baik dan rusak. Misalnya lubang kecil, jahitan rusak, atau robek kecil. Cek ulang seluruh bagian barang yang didiskon agar terhindar dari cacat, sebab biasanya toko melakukan diskon untuk mengabiskan stok yang ada.

2. Cek Harga

Mengecek harga sangatlah penting. Pilihlah barang dengan harga yang wajar. Cek harga asli dan yang telah terdiskon, apakah masuk akal atau harga normal atau malah sebenarnya masih tetap mahal. Sebab beberapa mal atau toko terkadang memberikan siasat menaikkan barang terlebih dulu sebelum memberi diskon.

3. Luangkan Banyak Waktu

Belanja saat diskon berlangsung membutuhkan energi ekstra dan waktu luang yang panjang. Sebab Anda butuh memilah dan memilih barang dengan teliti yang tercampur menjadi satu di satu tempat. Membongkar tumpukan pun membutuhkan waktu yang lama.

4. Buatlah Budget

Sebelum pergi belanja, buatlah budget. Potongan harga terkadang membuat seseorang hilang akal atau tidak berpikir panjang. Alhasil, belanja yang terbeli bukan sesuai kebutuhan, namun sesuai kemauan.

5. Jangan Membawa Balita

Saat berbelanja sebaiknya tidak membawa balita. Ramainya toko membuat ruangan terasa sempit. Kondisi tersebut akan membuat balita nangis dan rewel karena merasa terhimpit dan tidak nyaman. Lebih baik Anda menitipkannya dulu ke saudara terdekat atau orang kepercayaan Anda.

6. Jangan Beli di Satu Toko

Datangi beberapa toko atau mal yang ada di kota Anda. Jangan terpatok pada satu mal. Berkelilinglah dulu untuk mendapatkan diskon terbaik dengan kualitas barang terbaik pula. Jangan menyesal ketika menemukan barang yang sama seperti yang sudah terbeli dengan harga yang lebih murah.

7. Beli Barang dengan Harga Penuh

Sebelum membeli, ingatkan kebutuhan lain yang menanti dan budget yang tersedia. Tanyakan dulu pada diri Anda apakah barang tersebut sudah sesuai kebutuhan atau hanya keinginan. Jika sessuai kebutuhan bayarlah barang tersebut. Selamat Berbelanja! (die)

You might also like

Comments are closed.