Awas, Masturbasi Sebabkan Kanker Serviks

Ilustrasi
Ilustrasi

MASTURBASI bukanlah kegiatan yang biasa dilakukan pria saja. Banyak wanita pun melakukannya. Jika Anda termasuk salah satunya, Anda sebaiknya lebih hati-hati lagi. Sebab, masturbasi dapat meningkatkan risiko kanker serviks pada wanita.

Menurut dr Andi Darma Putra, SpOG(K)Onk, Staf Pengajar Divisi Obstetri dan Ginekologi di RSCM-FKUI, sebagaimana dikutip dari Intisari, wanita yang biasa memasukkan jari tangannya ke dalam liang vagina saat masturbasi bisa memasukkan bakteri dan virus Human Papilloma Virus (HPV) ke dalam tubuhnya.

Jika virus HPV telanjur masuk ke tubuh dan berkembang di mulut rahim, maka wanita akan terserang kanker serviks. Hal ini terjadi karena virus HPV lebih sering ditemukan di permukaan kulit tangan maupun di organ kelamin.

Virus HPV ini juga dapat menyebabkan munculnya kutil pada kelamin. Kutil ini termasuk penyakit yang dapat menular melalui hubungan seksual. Agar dapat terhindar dari kutil kelamin maupun kanker serviks, maka cucilah tangan sampai bersih sebelum masturbasi. Jika Anda menggunakan alat bantu, pastikan alat bantu itu dalam kondisi bersih dan hindari kebiasaan menggunakan alat bantu secara bersama-sama maupin bergantian. (ren)

You might also like

Comments are closed.