Ayo Bikin Susu Kedelai Sendiri!

ilustrasi
ilustrasi

Sari kacang kedelai, atau yang biasa disebut susu kedelai, merupakan salah satu minuman yang terkenal khasiatnya di Tiongkok selama ribuan tahun. Dulu, konon katanya, seorang raja pernah menggiling kacang kedelai dan mengambil sarinya yang berwarna mirip susu, untuk diberikan kepada ibunya yang sakit keras. Ternyata, penyakit sang ibu berangsur membaik. Sari kedelai pun jadi minuman istimewa hingga saat ini.

Di Indonesia sendiri, khasiat sari kedelai sudah diakui. Sari kedelai dipercaya bisa menghaluskan kulit, membuat kulit awet muda, dan menurunkan berat badan. Kepercayaan masyarakat Tiongkok dan Indonesia diperkuat oleh penelitian yang menyatakan bahwa sari kedelai memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain, menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan sel, mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah kanker dan osteoporosis, serta mengontrol rasa lapar.

Jika Anda tertarik menikmati manfaat sari kedelai, Anda bisa membuat sendiri minuman sehat ini di rumah. Bahannya mudah didapat, murah dan membuatnya pun tidak sulit. Ikuti resep berikut ini ya.

Bahan : 

1/4 kg kacang kedelai

1 liter air

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Cara Memasak :

1. Cuci kacang kedelai hingga bersih. Lalu rendam hingga kedelai mengembang, yaitu sekitar 5 jam.

2. Tiriskan kedelai, lalu blender dengan satu liter air. Pastikan kedelai hancur rata.

3. Saring kacang kedelai yang telah diblender

dan peras ampasnya hingga sari-sarinya keluar.

4. Masak air perasan dalam panci. Tambahkan sedikit garam. Masak dengan api kecil. Jika sari kedelai berbuih, aduk-aduk hingga buihnya hilang. Tunggu sampai mendidih. Matikan api.

5. Setelah mendidih, tambahkan gula sesuai selera.

6. Sari kedelai siap dinikmati.

Tidak sulit bukan? Ayo bikin sendiri di rumah. (ren)

You might also like

Comments are closed.