“Ayo Dolanan Wayang”, Mengasah Kreativitas Anak Melalui Dongeng

METROSEMARANG.COM – Rumah Aksara Wilis Bersaudara kembali menggelar kegiatan bagi anak-anak usia TK dan SD. Kali ini kegiatan mengusung tema “Ayo Dolanan Wayang” berlangsung selama tiga hari yakni 7-9 April 2017.

Kegiatan bertempat di Desa Teluk Wetan RT 15 RW 2, Kecamatan Welahan, Jepara. Meliputi Membuat Wayang Rotan, Pelatihan Mendongeng, Mewarnai Gambar, Pameran Hasil Pembuatan Wayang Rotan, dan Bermain Layangan.

Selama kegiatan, peserta akan dibimbing oleh Widyo Babahe Leksono (Seniman/Pemerhati Anak) dan Romi Lintang Waskito (Pegiat Tenun Troso).

Wikha Setiawan, penggagas Rumah Aksara Wilis Bersaudara mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk memberikan ruang kreatif bagi anak-anak, terutama yang masih duduk di bangku TK dan SD.

“Menumbuhkan kembali rasa kebersamaan anak-anak, yang belakangan ini banyak faktor yang membuat mereka bermental egois, individualis. Untuk itu, perlu adanya ruang bermain secara kolektif,” ujarnya, Rabu (5/4)

Sedangkan, dalam pembuatan wayang akan menggunakan bahan rotan bekas atau sampah rotan. Selain membuka pola pikit kreatif, juga mengenalkan bahwa Desa Teluk Wetan merupakan sentra industri rotan.

“Minimal daya improvisasi dan kreatif sudah diasah sejak dini. Sehingga pengetahuan yang didapat dari sekolah dapat diimplementasikan dengan dolanan, yang kami sebut belajar sambil bermain,” lanjutnya.

Ditambahkannya, hasil tangan wayang rotan tersebut nantinya akan dimainkan dalam pementasan mendongeng.

“Untuk bermain layangannya nanti teknisnya, layangan lebih dulu ditulis cita-cita mereka sendiri-sendiri. Hal ini mencoba memberikan bekas di jiwa mereka supaya benar-benar dalam menggapai cita-citanya. Jadi, momen yang selalu melekat. Selanjutnya diterbangkan secara bersama-sama,” tutur Wikha.

Rumah Aksara Wilis Bersaudara berdiri sekitar pertengahan Agustus 2016 lalu. Keberadaannya sebagai ruang belajar alternatif bagi anak-anak, sekaligus tempat mengolah daya kreatif. (metrojateng.com/MJ-23)

You might also like

Comments are closed.