Banjir Bandang Terjang Grabag, Jaringan Listrik Rusak Parah

METROSEMARANG.COM – Sejumlah instalasi listrik di Kabupaten Magelang rusak parah akibat diterjang banjir bandang, pada akhir pekan lalu. Banjir bandang yang menerjang dua desa di Desa Sambungrejo dan Desa Citrosono Kecamatan Grabag, menelan 10 nyawa warga setempat.

Penyerahan bantuan kepada korban banjir bandang di Kabupaten Magelang. Foto: istimewa

Hardian Sakti Laksana, Deputi Manajer Komunikasi Bina Lingkungan, PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta, mengungkapkan hingga Minggu (2
30/4) kemarin sore, terdapat 10 korban tewas serta empat orang luka berat yang berasal dari Dusun Nipis dan Dusun Sambungrejo.

Yang terluka berat, kata Hardian kini dirawat intensif di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Sedangkan saat ini masih ada dua orang belum ditemukan.

Selain membuat 71 rumah hanyut, 25 unit rumah rusak berat, 12 unit rusak ringan, dan 34 unit rumah terdampak, ia juga menegaskan bahwa instalasi listrik PLN kini rusak parah.

Menurutnya ada sejumlah kabel tegangan menengah, kabel tegangan rendah, sebuah trafo disribusi phasa dan SR/APP yang perlu diperbaiki.

“Kami menyatakan siap sedia 24 jam dalam memulihkan jaringan yang terganggu,” kata Hardian kepada metrosemarang.com, Selasa siang (2/5).

Ia mengklaim kerugian yang diderita perusahaannya akibat kerusakan jaringan di Magelang, ditaksir mencapai Rp 120 Juta.

Ditengah kondisi darurat bencana di Magelang, perusahaan pelat merah tersebut menggelontorkan bantuan berupa sembako dan selimut senilai Rp 150 Juta. Penyerahan bantuan dilakukan simbolis oleh Manager PLN Area Magelang Atmoko Basuki didampingi oleh pihaknya.

Bantuan diberikan kepada Sekda Kabupaten Magelang, Agung Trijaya, didampingi pejabat teras setempat. Pemberian bantuan ini sebagai wujud kepedulian PLN kepada korban banjir bandang Kabupaten Magelang.

Banjir bandang yang terjadi Sabtu (29/4), melanda lima dusun di dua desa antara lain Dusun Nipis, Dusun Sambungrejo, Dusun Karanglo di Desa Sambungrejo, dan Dusun Deles, Dusun Kalisapi di Desa Citrosono. (far)

You might also like

Comments are closed.