Bantuan Pusat Belum Cair, Dewan Minta Pembangunan Pasar Johar Tetap Jalan

METROSEMARANG.COM – Belum cairnya bantuan yang dijanjikan oleh pemerintah pusat untuk pembangunan tahap pertama Pasar Johar paska kebakaran sebesar Rp 100 miliar tidak boleh menjadi hambatan. Dengan atau tanpa bantuan dari pemerintah pusat pembangunan Johar harus segera dimulai dan selesai sesuai target.

Kondisi Pasar Johar setelah terbakar. Pambangunan pasar harus segera dimulai meski bantuan pusat belum turun. Foto: metrosemarang.com/dok

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi mengatakan, terkait belum jelasnya kapan turun dan berapa besaran bantuan dari pemerintah pusat tersebut, pembangunan Johar tetap harus dilaksanakan. Pembangunan harus segera dimulai  sesuai tahapan dan selesai sesuai target yang telah drencanakan.

‘’Mau tidak mau tahun ini pembangunan Pasar Johar paska kebakaran harus dilaksanakan. Disamping pemkot dan dewan nanti akan menanyakan kepada pemerintah pusat kejelasan bantuan tersebut,’’ katanya, Senin (1/5).

Supriyadi menyatakan, dewan siap menganggarkan dana cadangan guna pembangunan Johar tetap bisa dilaksanakan sesuai rencana. APBD Kota Semarang dinilai cukup untuk membiayainya walaupun nanti dilakukan secara bertahap, karena total anggaran yang dibutuhkannya mencapai sekitar Rp 750 miliar.

‘’Jadi jangan khawatir dengan adanya ketidak jelasan dari pemerintah pusat untuk membantu Pasar Johar,’’ katanya.

Namun demikian, pihaknya tetap meminta pemkot harus melakukan upaya agar pemerintah pusat bisa segera merealisasikan bantuan Rp 100 miliar. Pemkot harus mengadakan komunikasi yang lebih intens dengan pemerintah pusat.

‘’Asalkan ada komunikasi yang intens saya kira tidak ada persoalan. Di samping kita menganggarkan secara multiyears dari APBD Kota Semarang, saya kira cukup, karena bisa bertahap 3 tahun masing-masing Rp 200 miliar setiap tahun nanti akan selesai,’’ katanya.

Ia menegaskan, komunikasi tersebut sangat penting, tidak persoalan nantinya bantuan baru realisasi di tahun 2018 atau 2019. Yang penting ada komunikasi intens antara pemkot dan pemerintah pusat.

‘’ Jadi tanpa atau dengan bantuan pemerintah pusat, saat ini pembangunan Johar harus segera dimulai sesuai tahapan dan selesai sesuai target, jangan sampai mundur nanti pedagang tambah resah. Sekarang kan para pedagang bimbang dan dihantui rasa was-was kapan pembangunan pasar akan dilaksanakan dan kapan akan selesai,’’ tandasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.