Banyak Pemilih Meninggal, DPT Pilgub Jateng 2018 Menyusut

pilgub jateng
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Joko Purnomo. (foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto)

SEMARANG – Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 mengalami penurunan. Dari daftar pemilih sementara mencapai 27.348.878 jiwa, menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Joko Purnomo, kini jumlah DPT Pilgub hanya tinggal 27.680.125 jiwa.

“Jumlah DPT Pilgub Jateng menurun ketimbang kondisi pendataan DPS. Sebab, ada sejumlah calon pemilih yang pindah alamat, kemudian meninggal dunia serta ada yang tidak bisa mengeluarkan surat keterangan pengganti e-KTP. Sehingga daftar mereka harus dikeluarkan dari DPT,” kata Joko usai rakor penetapan DPT, di kantornya Jalan Veteran Semarang, Jumat (20/4).

Ia menegaskan terdapat banyak calon pemilih yang hingga penetapan DPT tidak mendapat surat keterangan pengganti e-KTP. Unsur lain yang mempengaruhi penurunan DPT Pilgub, kata Joko ialah banyaknya kemunculan DPT ganda di sejumlah daerah.

“DPT ganda juga mempengaruhi jumlah DPT,” terangnya. Selain itu, ada penurunan jumlah TPS dimana saat DPS masih terdapat 63.974 TPS. Kini tinggal 63.973 TPS.

Pada Pilgub Jateng kali ini, ada dua pasangan calon masing-masing bernomor urut 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin. Sedangkan pasangan bernomor urut 2 Sudirman Said-Ida Fauziyah. (far)

You might also like

Comments are closed.