Bapenda Luncurkan Pembayaran PBB Elektronik

METROSEMARANG.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang membuat terobosan untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan meluncurkan pembayaran PBB secara elektronik (E-PBB). Dengan terobosan ini diharapkan akan meningkatkan pendapatan pajak.

Launching PBB Elektronik, Rabu (17/5). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

”Launching E-PBB akan memudahkan masyarakat mengetahui berapa pajak PBB yang harus dibayar,” kata Kepala Bapenda Kota Semarang, Yudi Mardiana, usai lauching E-PBB yang dilakukan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Balai Kota, Rabu (17/5).

Menurutnya, E-PBB juga akan memudahkan wajib pajak karena pembayaran bisa diakses dimana saja melalui android atau smartphone. Serta dapat mengetahui apakah data pembayaran PBB miliknya sudah benar ataukah belum.

Ia mengatakan, target pendapatan PBB 2017 ini cukup tinggi mencapai Rp 330 miliar sehingga perlu berbagai upaya untuk meningkatkan pendapatan. Selain meluncurkan E-PBB, pihaknya juga menyediakan berbagai hadiah bagi wajib pajak yang membayar pajak sebelum jatuh tempo.

”Tahun ini hadiah utama yang disediakan adalah sebuah rumah sedangkan tahun sebelumnya mobil,” ungkapnya.

Dengan peluncuran E-PBB, ia menambahkan wajib pajak yang membayar PBB sebelum jatuh tempo pada 21 Agustus ditargetkan akan meningkat mencapai 80%. Di mana sampai 21 Mei lalu realisasi pembayaran PBB sudah mencapai sekitar 25% dengan nilai sekitar Rp 79 miliar. (duh)

You might also like

Comments are closed.