Barang Hilang di Parkiran, Pemilik Tidak Bisa Minta Ganti Rugi

Dishubkominfo kesulitan menertibkan petugas parkir nakal di Semarang. Foto: metrosemarang.com/dok
Dishubkominfo kesulitan menertibkan petugas parkir nakal di Semarang. Saat ini Pemkot sedang menggodok peraturan baru tentang perparkiran. Foto: metrosemarang.com/dok

SEMARANG – Saat ini, belum ada aturan resmi yang mengatur bahwa kehilangan di area parkir merupakan tanggungjawab pengelola maupun pemerintah. Namun saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sedang menyiapkan peraturan tentang perparkiran.

“Di situ nanti diatur bahwa pengelola harus mengasuransikan lahan parkirnya, sehingga segala bentuk kehilangan akan bisa diklaimkan melalui asuransi tersebut,” kata Kabid Parkir Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Semarang, Tri Wibowo, Rabu (3/6) di Gedung Juang, Jalan Pemuda Semarang.

Untuk saat ini, peraturan yang berlaku adalah pertanggungjawaban pada kendaraan yang diparkir, bukan barang-barang yang ada di dalam kendaraan tersebut. Kehilangan barang-barang seperti helm, ponsel dan barang pemilik kendaraan lain dianggap sebagai sebuah kelalaian.

Diberitakan sebelumnya, sedikitnya tujuh orang yang mengaku kehilangan barang-barang berharga di parkiran Kompleks Tri Lomba Juang, Selasa (2/6). Saat itu, pelaku berhasil  menggasak satu unit motor, yakni Honda CB 150 R Nopol H-5254-CA milik Ardian Oddy Danasto (19), dompet berisi STNK, KTP, SIM A dan C, kartu asuransi kesehatan, kartu ATM BNI, uang Rp 80 ribu. dan tujuh buah ponsel smartphone berbagai merek.

Perihal tarif parkir, Kepala Dishubkominfo Kota Semarang, Agoes Harmunanto mengatakan bahwa tariff resmi dari Pemkot adalah Rp 1.000 untuk roda dua dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda empat. “Petugas parkir wajib memberikan karcis resmi dari Dishub, mengenakan seragam dan kartu anggota,” kata dia beberap waktu lalu.

Jika di luar itu, berarti parkir tersebut tidak resmi atau petugas parkir melakukan pemerasan. Agoes mengaku kesulitan melakukan kontrol terhadap parkir liar. Namun pihaknya sudah melakukan razia parkir liar secara berkala untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. (ade)

You might also like

Comments are closed.