Baru Diluncurkan, Ambulan Hebat Sicepat Sudah Tangani 6 Kasus

METROSEMARANG.COM – Terobosan dilakukan Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk pelayanan kesehatan masyarakat. Dengan program mobil Ambulan Hebat Sicepat (Beraksi Cepat) sebagai sarana kesehatan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mendapatkan penjelasan perlengkapan di dalam mobil Ambulan Hebat Sicepat dari seorang petugas saat peluncuran, Selasa (17/1). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Program ini telah diluncurkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada Selasa (17/1). Kepala Dinas Kesehatan Widoyono mengatakan, Ambulan Hebat Sicepat merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan warga Semarang.

Pelayanan yang diberikan meliputi penyelamatan jiwa (life saving), penjemputan pasien kegawat daruratan medis, pasien kegawat daruratan maternal, dan kecelakaan. ”Ambulan akan ke rumah pasien atau lokasi kejadian untuk diantar ke rumah sakit tujuan,” katanya, Rabu (18/1).

Menurutnya, saat ini telah tersedia 5 mobil ambulan yang ditempatkan di Dinas Kesehatan sebagai induk. Lainnya di Puskemas Karangmalang (wilayah barat), Puskesmas Bangetayu (wilayah timur), Puskesmas Srondol (wilayah selatan), Puskesmas Halmahera (wilayah tengah). ”Penempatan ini untuk lebih mempercepat memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Mobil Ambulan Hebat Sicepat tidak hanya sekadar mobil ambulan transport. Dikatakan, mobil ini dapat juga memberikan pelayanan kegawat daruratan di dalam mobil di rumah atau di lokasi kejadian. Sebab dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan untuk tindakan.

Seperti antara lain gantungan infus, lampu periksa pasien, jok dokter dan jok paramedik/pengantar, APAR, tabung oksigen, automatic ambulance strecher, exrication colar, long spiral-board, ALS emergency, transport pasien monitor, dan lainnya.

Ambulan Hebat Sicepat ini juga disiapkan tenaga dokter dan tenaga medis. Yaitu ada 5 orang dokter umum, 25 orang perawat, 25 orang bidan, 25 orang supir, 5 orang operator, dan 4 orang tenaga admisnitrasi yang sudah dilatih penanganan kegawat daruratan.

”Sasaran untuk warga Kota Semarang dan gratis. Bagi masyarakat yang memerlukan bisa telepon 1500-132. Sejak soft launching sudah ada penanganan sebanyak 6 kasus,” katanya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menegaskan, pelayanan Ambulan Hebat Sicepat ini gratis bagi seluruh masyarakat Semarang yang membutuhkan. Saat ini memang baru ada 5 unit, namun ke depan akan dikembangkan setiap kecamatan minimal ada 2 dengan setiap mobil ambulan ditangani 3 tim.

“Mobil Ambulan Hebat Sicepat ini siap memberikan pelayanan selama 24 jam nonstop,” katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.