Barun Sarankan Peningkatan Promosi Pariwisata Semarang

Jajaran manajemen Crowne Plaza Semarang yang dipimpin GM Barun Jolly beraudiensi dengan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Rabu (2/3). Foto: metrosemarang.com
Jajaran manajemen Crowne Plaza Semarang yang dipimpin GM Barun Jolly beraudiensi dengan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Rabu (2/3). Foto: metrosemarang.com

METROSEMARANG.COM – Crowne Plaza Semarang, hotel bintang lima berkelas International yang terletak di Jalan Pemuda 118, Rabu (2/3) siang, melakukan kunjungan ke kantor Wali Kota Semarang. Jajaran manajemen yang dipimpin General Manager Barun Jolly beraudiensi dengan sang walikota yang baru terpilih sembari saling bertukar saran dan pendapat.

Kedatangan rombongan manajemen Crowne Plaza sendiri disambut ramah oleh Wali Kota Hendrar Prihadi yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Kepala Disperindag Kota Semarang Nurjanah dan Kepala Disparta Semarang Masdiana.

“Kunjungan ini selain memberikan selamat kepada walikota – wakil walikota terpilih, juga ingin mengenal lebih dekat sosok Hendrar Prihadi serta memberikan ide/saran untuk pengembangan pariwisata di Semarang,” kata Angeline Josephine selaku Marketing Communication Manager Crowne Plaza.

Barun Jolly sendiri mengemukakan, selama setahun terakhir ini dirinya merasa bahwa Jateng khususnya Kota Semarang memiliki banyak potensi wisata yang masih terpendam dan bisa dikembangkan hingga ke tingkat internasional.

Hal ini tentunya bisa diwujudkan apabila semua stakeholder yang didukung pemda setempat mempunyai keinginan kuat dan usaha maksimal untuk menjadikan Kota Semarang sebagai tujuan wisata utama.

“Salah satu daya tarik Kota Semarang adalah wisata kuliner tradisionalnya. Banyak tamu hotel dari luar kota bahkan negara lain ternyata menggemari makanan tradisional Semarang seperti lumpia, nasi goreng babat, ronde, wingko, dan lain sebagainya. Melihat hal itu, kami berkomitmen terus memperkenalkan dan mengembangkan makanan tradisional ini kepada tamu,” kata Barun.

Barun mengungkapkan, sekarang ini di Crowne Plaza sendiri menyediakan pilihan masakan tradisional di sajian buffet makan pagi, siang, ataupun malam. Termasuk melaunching program bulan Maret 2016 bertemakan “Semarang Food Festival” di Gris Restaurant, berikut serta memberikan dukungan di berbagai event pemerintahan seperti Semarang Great Sale pada Mei 2016.

Tak lupa dalam kesempatan tersebut Barun mengemukakan saran masukan bahwa usaha untuk meningkatkan pariwisata dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti meningkatkan perawatan dan kebersihan berbagai objek wisata beserta fasilitas pendukungnya.

Selain itu perlunya bekerjasama dengan berbagai perusahan transportasi darat, laut, udara untuk memperbanyak jalur-jalur transportasi atau konektivitas ke atau dari Semarang menuju kota maupun negara lain, dan yang tak kalah penting adalah meningkatkan kegiatan promosi atau berbagai kegiatan marketing pariwisata di Semarang ke semua channel tradisional dan digital.

Beberapa masukan ide lain dari expatriat asal India tersebut juga memberikan saran untuk meningkatkan ketertarikan wisatawan mancanegara maka di berbagai objek wisata bisa didirikan plakat informasi di pintu masuk mengenai sejarah budaya aktivitas di objek wisata tersebut menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

“Dan tak ketinggalan memberikan pelatihan kepada para guide/ pemandu wisata untuk fasih berbicara bahasa Inggris. Selain itu meningkatkan promosi kualitas foto dan keindahan objek wisata di berbagai social media seperti Facebook, Instagram, twitter, dan website menggunakan dua bahasa Indonesia dan Inggris,” katanya.

Terakhir, pemerintah diharapkan dapat memberi wadah bagi pelaku kesenian tradisional seperti sendratari, penrajin batik, makanan tradisional dan perajin berbagai produk khas lainnya untuk dapat rutin melakukan pameran dan memperkenalkan produknya kesemua kalangan, ditambah dengan terus mengundang para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk melakukan kunjungan wisata ke Semarang.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sendiri menyambut baik segala saran masukan yang diutarakan olen GM Crowne Plaza Barun Jolly. Dirinya berjanji kedepannya akan terus meningkatkan pariwisata Kota Semarang, khususnya dalam hal promosi objek-objek wisata dan perbaikan sejumlah pelayanan publik yang mendukung pariwisata lokal. (MS-15)

You might also like

Comments are closed.