BBM Naik, Harga Ikan Semarang Dipastikan Ikut Naik

Tumpukan Ikan di TPI Semarang. Foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya
Tumpukan Ikan di TPI Semarang. Foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya

SEMARANG – Meski belum diumumkan secara resmi pencabutan subsidi  bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia, harga ikan segar di wilayah Kota Semarang saat ini mulai merambat naik. Lonjakan harga tersebut terjadi di sejumlah sentra penjualan ikan dan pasar-pasar tradisional

Sejumlah pasar tradisional seperti Pasar Bulu dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kampung Tambak Mulyo Semarang Utara, terlihat harga ikan segar kini mulai melonjak naik.

Menurut Khatijah, seorang pedagang ikan pasar Bulu, harga ikan segar mulai naik sejak beberapa hari terakhir. “Sudah  tiga hari terakhir dapat pasokan ikan dengan harga lebih mahal dari biasanya. Penyebabnya apa saya kurang tahu,” ucapnya, Kamis (6/11).

Hal senada juga dirasakan para pedagang di TPI Tambak Mulyo Semarang. Para pedagang rata-rata menyebut naiknya harga ikan berkisar antara Rp. 800 – Rp. 1000 per kilogram.

Azizah (35), salah seorang pedagang ikan laut , warga RT 01/RW XV, Tambaklorok, mengaku juga sudah mulai memperoleh pasokan ikan dengan harga cukup mahal. “Dengan rencana kenaikan BBM tahun ini, saya tidak khawatir. Saya akan tetap jualan apapun imbasnya. Kalau harga terpaksa saya naikkan, ya harus saya naikkan. Untuk saat ini sendiri pasokannya masih lancar,” tuturnya.

Untuk saat ini harga ikan kakap berkisar pada angka Rp. 40 ribu – Rp. 45 ribu per kilogram, ikan gurami Rp. 30 ribu per kilogram, ikan tuna Rp. 25 ribu per kilogram, ikan bandeng Rp. 25 ribu per kilogram, ikan tengiri Rp. 50 ribu per kilogram, hingga ikan hiu seharga Rp. 23 ribu per kilogram.

Menurut dia, setiap hari dirinya mendapatkan kiriman ikan segar cukup banyak. Hasil tangkapan ikan biasanya diperoleh dari para nelayan besar yang berlayar hingga ke perairan laut lepas. “Jika nanti harga BBM terpaksa naik, semoga pemerintah mempunyai kebijakan untuk kami,” tandasnya. (Yas)

You might also like

Comments are closed.