BBWS Kucurkan Rp 29 Miliar Tangani Rob di Kaligawe

METROSEMARANG.COM – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali-Juwana menyatakan tahun ini telah dikucurkan dana sebesar Rp 29 miliar untuk mengatasi masalah rob dan banjir di Kaligawe, Kecamatan Genuk. Upaya ini dinilai berhasil mengatasi masalah tersebut sesuai yang diharapkan.

Jalan Raya Kaligawe yang menjadi langganan banjir rob dipastikan nyaman dilalui pemudik. BBWS Juwana mengucurkan Rp 29 miliar untuk mengatasi rob di wilayah ini. Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala BBWS Pemali-Juwana, Ruhban Ruzziyanto menyatakan hal itu saat mendampingi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meninjau lokasi pembendungan Kali Sringin di Kaligawe, Jumat (26/5). Menurutnya, dana miliaran itu untuk penutupan Kali Sringin dan Kali Tenggang serta peninggian parapet Kali Tenggang.

Ia mengatakan, dana tersebut juga untuk penanggulan mulai dari belakang Unissula hingga Terminal Terboyo dan pembuatan dua kolam retensi.

”Lima pompa dengan kapasitas 2 meter kubik/detik juga kami siapkan di masing-masing sungai yang ditutup. Kemudian 10 pompa dengan ukuran 50-500 liter/detik disiapkan di sepanjang Jalan Pantura-Kaligawe, untuk mengantisipasi genangan,” terangnya.

Salah satu warga Genuk, Khadiri Rosadi mengatakan sangat berterima kasih kepada Wali Kota Hendi atas upayanya dalam menuntaskan persoalan banjir dan rob di daerah tempat tinggalnya. ”Alhamdulillah beberapa hari ini warga sudah bisa merasakan hasilnya (penanganan banjir dan rob),” tutur Khadiri. (duh)

You might also like

Comments are closed.