Bea Cukai Jateng Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal

METROSEMARANG.COM – Direktorat Jenderal Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY kembali melakukan penindakan terhadap peredaran pita cukai dan rokok ilegal yang berpotensi merugikan keuangan negara sebesar Rp 3,84 miliar.

Ilustrasi

Kepala Kantor Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, Untung Basuki mengatakan, penindakan pada Maret dilakukan pada satu unit truk yang memuat 792.000 batang rokok ilegal dari daerah Jepara.

“Sedangkan penindakan pada awal April 2017 lalu, petugas berhasil menggagalkan transaksi peredaran pita cukai palsu dan rokok ilegal di daerah Gajahmada, Kota Semarang. Dari penindakan tersebut ditemukan tujuh rim pita cukai palsu, 114.240 batang rokok ilegal dan satu pucuk air soft gun berisi peluru gotri,” paparnya, Rabu (12/4) dalam rilisnya.

Dengan penangkapan tersebut, pihaknya membawa dua tersangka berinisial ST dan AS. Dari hasil pemeriksaan kedua tersangka, petugas menggeledah sebuah bangunan milik SU di Sragen dan menyita 2,76 juta batang rokok ilegal.

Kemudian petugas melacak keberadaan rokok ilegal lainnya dan mendapati 201.600 batang di cargo Bandara Ahmad Yani Semarang yang merupakan milik AS dan ST. Para tersangka akan dijerat Pasal 54, 55, 56 Undang-undang No. 39 tahun 2007 tentang Cukai. (ade)

You might also like

Comments are closed.