Bea Cukai Musnahkan Puluhan Ribu Barang Ilegal

bea-cukai

METROSEMARANG.COM – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta memusnahkan puluhan ribu barang bukti hasil penindakan sepanjang tahun 2015.

Setidaknya ada 550 penindakan yang berhasil dilakukan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukao (TMP) A Semarang, KPPBC TMP C Cilacap, KPPBC Tipe Pratama Purwokerto dan KPPBC TMP Tanjung Emas, sepanjang tahun 2015.

Ribuan barang bukti  yang dimusnahkan tersebut meliputi 59 karung garment berisi 10.394 legging, 3.423 cones benang, 119 roll kain serta 30 ribu bungkus rokok tanpa cukai dengan potensi kerugian mencapai sekira Rp 300 juta. Pemusnahan dilakukan di tempat Penimbunan Pabean Semarang, Jalan Arteri Yos Sudarso, Selasa (17/11).

“Beberapa jenis barang seperti  kimia berbahaya, air softgun, sex toy, pedang katana, sparepart senjata api, barang elektronik serta obat-obatan dan kosmetik tanpa izin juga ikut kami musnahkan,” kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Tengah DIY, Untung Basuki.

Tak hanya itu, KPPBC Tanjung Emas juga melakukan dua penindakan yang berhasil mengamankan sabu-sabu. Penindakan pertama tanggal 20 Juni 2015 diamankan 65 gram sabu dengan tersangka F. Tanggal 2 Juli 2015 diamankan 1.162,5 gram sabu dengan tersangka N.

“Total ada 1.227,5 gram sabu dengan perkiraan nilai barang Rp 3,6 miliar. Jika dihitung ekuivalen berhasil menyelamatkan 4.800 jiwa generasi muda dari jeratan narkoba,” terang Untung.

Dalam pemusnahan tersebut turut hadir perwakilan Polda Jateng, Kejaksaan Tinggi Jateng, dan Kodam IV Diponegoro. Pemusnahan dilakukan dengan cara bermacam-macam. Untuk obat, kain dan rokok dibakar, minuman keras digilas alat berat, sementara sparepart senjata api dipotong-potong dan dihancurkan. (yas)

You might also like

Comments are closed.