Beda Gaya Ganjar dan Sudirman Said di Kampanye Perdana

METROSEMARANG.COM – Dua kandidat langsung tancap gas sejak hari pertama kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng. Calon bernomor urut dua, Sudirman Said memilih mengunjungi korban banjir di Dukuh Turi, Kecamatan Margadana, Kota Tegal. Sedangkan Ganjar Pranowo memilih menyapa warga Tionghoa yang sedang merayakan Imlek.

Sudirman Said mengunjungi warga yang terdampak banjir di Kota Tegal. Foto: istimewa

Sudirman mengaku telah mengunjungi rumah-rumah terdampak banjir, posko relawan, tempat penampungan pengungsi, juga dapur umum. Sudirman mengungkapkan sempat berdialog dan membantu ibu-ibu memasak di dapur umum.

Sudirman menyebut penanggulangan banjir harus dikerjakan secara cermat mulai dari hulu sampai hilir. Ia menganggap perlu sinergitas lintas hulu dan hilir serta kawasan penopang Tegal dan Brebes sebagai daerah terdampak banjir dalam menyelesaikan banjir Tegal.

“Ini salah satu kunci, selain hal lain yang bisa dilakukan, seperti drainase yang bagus,” tuturnya, Kamis (15/2).

Pengelolaan wilayah hulu, ujar mantan Dirut Pindad itu demi meminimalkan pengundulan hutan dan alih fungsi lahan. Begitu juga penataan ruang di hulu hingga hilir diikuti pembuatan daerah serapan air dan ruang terbuka hijau di kawasan banjir.

Ganjar Pranowo

Berbeda dengan Sudirman Said yang mengunjungi korban banjir, calon petahana Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo justru lebih memilih berbaur dengan masyarakat Tionghoa yang sedang merayakan datangnya Tahun Baru Cina 2569.

Ganjar mengatakan dengan ikut Imlek, dirinya bisa sekaligus meraih momentum untuk menyapa warga peranakan Tionghoa di beberapa daerah termasuk Kota Semarang sekaligus menyosialisasikan posisinya sebagai calon gubernur bernomor urut 1.

“Karena kemarin-kemarin saya tidak bisa datang pas ada undangan dari beberapa tokoh Thionghoa, maka sekarang saatnya lah saya membalas hutang-hutang janji saya untuk ikut Imlekan. Kan sudah boleh menyapa warga sekaligus berkampanye menyosialisasikan program-program saya,” kata Ganjar, Kamis (15/2).

Ia menuturkan agenda kampanye lainnya yang tak mau ia lewatkan ialah menghadiri pertemuan dengan pengurus sebuah organisasi olahraga. Menurutnya itu penting untuk mendekatkan diri kepada seluruh elemen masyarakat. (far)

You might also like

Comments are closed.