Begini Cara Menyimpan dan Menikmati Wine

METROSEMARANG.COM – Masih ada sebagian orang yang kurang tahu untuk menikmati menikmati wine. Bahkan, belum banyak yang tahu bahwa wine punya cara penyimpanan tersendiri agar rasa dan kualitas wine itu sendiri tidak bisa dinikmati atau keluar.

Memegang gelas wine tidak bisa sembarangan. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Asta Training Centre Praktisi Wine asal  Belanda, Jonathan Kwik mengungkapkan banyak restoran atau bar yang menyimpan wine dengan suhu yang kurang dari 30 derajat sehingga rasa wine rusak.

“Selain itu cara menyimpan wine harus dalam keadaan tidur. Untuk menikmatinya pun harus sedikit demi sedikit, dengan memegang tangkai gelas agar suhu dari wine tidak terpengaruh dengan panas tubuh karena akan mempengaruhi rasa,” paparnya, Senin (1/5).

Berdasarkan definisi internasional, minuman anggur atau wine hanya boleh berasal dari sari buah anggur yang difermentasi. Namun demikian, aroma, cita rasa, dan tekstur anggur di seluruh dunia sangat beragam dan dapat menghasilkan citra-citra yang tidak terbayangkan, seperti aroma bunga, kayu manis, cengkeh, tembakau, bahkan hingga jamur, bayam dan tas kulit.

“Pengetahuan konsumen dan praktisi di Semarang tentang anggur masih relatif terbatas, dan budaya minum anggur yang benar belum terlalu berkembang. Kami berharap masyarakat umum dapat melanjutkan upaya saya untuk meningkatkan ketertarikan dan kesadaran konsumen di Semarang akan minuman istimewa ini,” tuturnya. (ade)

Comments are closed.