Begini Modus Pembobolan Mesin ATM di Semarang

METROSEMARANG.COM – Sebelum beraksi residivis pembobol mesin ATM dan rumah tanpa penghuni tersebut sudah mengatur secara matang. Pantauan hingga tingkat keamanan serta kondisi sekitar lokasi yang menjadi target sudah diketahui secara detail.

“Mereka sudah memantau lokasi yang menjadi sasaran sebelum beraksi,” ungkap Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Sugiarto, saat gelar perkara, Kamis (31/3).

Komplotan pembobol mesin ATM. Foto: metrosemarang.com
Komplotan pembobol mesin ATM. Foto: metrosemarang.com

Dalam aksinya itu kelompok tersebut mengandeng residivis lokal yang bertugas sebagai penggambar atau penunjuk lokasi. “Fajar (34), warga asal Mijen yang bertugas sebagai penggambar,” ujarnya.

Setelah semuanya dinyatakan siap baru Fajar memberitahu rekan-rekannya yang kemudian bergerak. Tiba di lokasi kelompok tersebut langsung bergerak membobol sasaran dengan menggunakan linggis dan tabung las.

“Begitu berhasil masuk pintu ditutup kembali biar dikira baik-baik saja,” jelasnya.

Hanya 20 menit beraksi, para pembobol tersebut berhasil menguras habis uang yang berada di dalam mesin ATM. “Kerja cepat. Saya hanya sebagai penunjuk arah,” jelas Fajar yang mengaku mengenal kelompok tersebut saat mendekam di sel tahanan di Lapas Purwokerto, atas kasus penjambretan.

Komplotan ini beranggotakan Sarmandi (40), Zakaria (41), Mantap (26), Iwan (40 keempatnya warga Palembang, Sumatera Selatan. Lalu Sobril (44) warga Lampung Selatan dan Suti (45) warga Bekasi serta Fajar (34) warga Mijen Semarang. Sedangkan satu pelaku lainnya masih buron.

Dalam penindakan yang dipimpin oleh Kasubnit I Resmob Aiptu Janadi dan Ipda Dimas Charis Suryo Nugroho, lima di antaranya terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan. Mereka ditangkap di sebuah rumah di Bekasi, pada Selasa (29/3). (MS-02)

 

You might also like

Comments are closed.