Begini Penanganan Dini Jika Jatuh dari Posisi Duduk

METROSEMARANG.COM – Jatuh dalam posisi duduk bisa berakibat fatal berupa kelumpuhan bahkan kematian. Seperti yang diderita Ana Amelia siswi kelas 3 SDN 2 Mangkang Wetan yang lumpuh akibat terjatuh dengan posisi terduduk. Sebenarnya ada hal yang bisa dilakukan untuk penanganan dini terhadap kasus ini.

Ana Amelia sedang menjalani terapi di RSUD Kota Semarang, Ketileng, Rabu (4/5). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Ana Amelia sedang menjalani terapi di RSUD Kota Semarang, Ketileng, Rabu (4/5). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Menurut Fisioterapis dari RSUD Kota Semarang, Rini Ekowati, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan jika menemukan korban jatuh dari posisi duduk yang berpotensi mencederai tulang belakang.

Sebaiknya, korban langsung dibaringkan di posisi yang senyaman mungkin. “Jangan sampai ada yang tertekuk, harus lurus dan nyaman,” kata Rini, Rabu (4/5).

Setelah itu, perlu dilakukan ronsen agar penanganan terhadap korban bisa maksimal. Jika hasilnya tidak terjadi trauma di tulang belakang, maka akan pulih. Namun jika terjadi trauma, maka harus segera dilakukan perawatan intensif. Jika terlambat, kelumpuhan total sangat mungkin terjadi.

“Tulang belakang merupakan tempat berkumpulnya otot saraf dari otak, terutama leher. Jika di leher atau tengkuk terjadi trauma seperti pukulan keras, mungkin saja akan mengakibatkan kematian,” tuturnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.