Belanja Online Jadi Tren, Pusat Perbelanjaan Semakin Sepi

METROSEMARANG.COM – Beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta, seperti Ramayana, Lotus dan lain-lain sudah tidak beroperasi. Bahkan lantai 2 Glodok saat ini juga sedang mengalami perlambatan. Tidak hanya terjadi di Indonesia, di Malaysia sebanyak lima supermarket Giant sudah tidak beroperasi.

Konferensi Pers di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Jumat (3/11). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra mengatakan hal tersebut dikarenakan pergeseran cara belanja masyarakat di mana saat ini banyak orang yang bergeser berbelanja melalui e commerce.

“Dengan banyaknya yang berbelanja melalui online, maka waktu yang seharusnya digunakan untuk melakukan aktivitas belanja juga digeser untuk kegiatan rekreasi atau hiburan,” kata dia, Jumat (3/11).

Hal itu terbukti dengan hasil survei yang mencatatkan bahwa asosiasi logistik dan forwarder mengalami pertumbuhan cukup tinggi, yaitu 11,81 persen. Sedangkan barang kiriman dari Tiki didominasi barang retail sebesar 80 persen

Selain itu, terjadi peningkatan pada indeks keyakinan konsumen serta indeks ekspektasi konsumen yang juga menunjukkan kenaikan, namun tidak terjadi peningkatan penjualan yang signifikan pada pusat perbelanjaan. (ade)

You might also like

Comments are closed.