Belasan Anggota KeSEMaT Undip Peringati HUT RI di Tengah Hutan Mangrove

Belasan anggota KeSEMaT Undip megadakan upacara di tengah hutan mangrove, Senin (17/8). Foto: metrosemarang.com/indra prabawa
Belasan anggota KeSEMaT Undip megadakan upacara di tengah hutan mangrove, Senin (17/8). Foto: metrosemarang.com/indra prabawa

SEMARANG – Belasan anggota Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur (KeSEMaT) Universitas Diponegoro punya cara unik untuk memeringati HUT ke-70 RI. Bersama KeSEMaT Mangrove Volunteer (Kemangteer) mereka menggelar upacara bendera di tengah lumpur mangrove Trimulyo, Genuk, Senin (17/8).

Ketua Pelaksana Kegiatan, Ardyan Syahputra mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan secara serentak di delapan kota di Indonesia yaitu Jakarta, Semarang, Malang, Yogyakarta, Tangerang, Serang, Medan dan Langsa.

“Aksi ini sekaligua sebagai bentuk kepedulian komunitas mangrove atas kondisi memprihatinkan daerah pantai utara yang terkena abrasi air laut. Kami  berusaha merehabilitasi dengan menanam bibit mangrove di Trimulyo dan Mangunharjo Mangkang,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan Mangrove Merdeka ini sudah dilakukan lima kali dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Pihaknya juga menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan untuk merehabilitasi kerusakam pantai di Semarang.

“Tahun ini sengaja kita kemas secara berbeda karena dibuka untuk umum, dimana kita bersama masyarakat sekitar menanam mangrove untuk memiminimalisasi abrasi pantai,” tandasnya. (CR-01)

 

You might also like

Comments are closed.