Belasan Ribu Peminat Bersaing di Seleksi Mandiri Unnes

Unnes (1)

SEMARANG – Sebanyak 17.855 peminat bakal bersaing memerebutkan 1.288 kursi dalam seleksi mandiri Universitas Negeri Semarang (Unnes). Jumlah peminat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) tersebut mendaftar untuk program sain teknologi dan sosial humaniora.

Peminat yang telah mendaftar tersebut terdiri dari 5.762 peminat 22 program sain dan teknologi untuk jenjang Diploma 3 dan Strata 1. Serta 12.093 peminat 45 program sosial humaniora untuk jenjang Diploma 3 dan Strata 2. Di antara total peminat, terdapat 1.877 peminat yang mendaftar dalam jalur beasiswa penuh Bidikmisi.

Pembantu Rektor Bidang Akademik Unnes, Prof Rustono mengatakan, para pendaftar ini akan bersaing mengisi 20 persen kursi dari total daya tampung Unnes. Jumlah kursi yang disediakan untuk jalur mandiri tersebut bisa saja bertambah jika ada peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dinyatakan diterima, tidak melakukan daftar ulang.

Rustono menambahkan, jumlah peserta dihitung dari para pendaftar yang melakukan pembayaran biaya pendaftaran dan pencetakan kartu tanda peserta secara sah. Sedangkan, jumlah peminat merupakan jumlah pendaftar yang melakukan pendaftaran secara online dan telah mendapatkan nomor PIN.

Pendaftaran dalam jaringan untuk seleksi mandiri Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah ditutup 28 Juli 2015 lalu. Hingga Rabu (29/7) pukul 17.45, jumlah peminat yang sudah melakukan cetak kartu mencapai 8.908. Sedangkan jumlah yang sudah melakukan pembayaran mencapai 7.947.

Seluruh peserta akan melaksanakan ujian tertulis pada 2 Agustus 2015 mendatang. Terdiri dari tes kemampuan dan potensi akademik. Serta tes kemampuan dasar sain teknologi dan sosial humaniora. Selanjutnya, pada 3 Agustus 2015, peserta akan melaksanakan ujian keterampilan. Ujian tersebut khusus untuk peserta yang meminati program program studi seni dan olahraga. (MS-06)

You might also like

Comments are closed.