Benahi Pertahanan Sebelum Terbang ke Borneo

METROSEMARANG.COM – PSIS bakal melakoni ujian berat kala meladeni tuan rumah Pusamania Borneo FC, akhir pekan ini. Sebelum bertolak ke Bumi Borneo, pelatih Subangkit memberi porsi khusus untuk membenahi lini pertahanan skuat Mahesa Jenar.

Rio Saputro salah satu pilar lini pertahanan yang disiapkan untuk ujicoba lawan Pusamania Borneo FC. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Dua laga ujicoba pertama sukses dilalui PSIS dengan mulus. Unnes dan Bhayangkara FC U-21 ditekuk dengan skor 1-0 dan 2-0. Tapi, tantangan yang sesungguhnya bakal hadir pada Minggu (19/2) saat Johan Yoga cs bertemu Pusamania Borneo di Stadion Segiri Samarinda.

Level lawan yang bakal dihadapi anak asuh Subangkit jelas berbeda dibanding dua tim terdahulu. Jika diukur dari kompetisi yang akan diikuti musim ini, skuat berjuluk Pesut Etam tersebut berada satu level di atas PSIS karena mereka berada di Liga 1.

Subangkit pun sangat paham dengan kualitas lawan yang bakal menjadi sparring pasukannya. Dia ingin anak buahnya lebih disiplin saat bertahan. Pada sesi latihan di Stadion Jatidiri, Selasa (14/2) sore, pelatih 56 tahun itu juga memberi porsi khusus organisasi pertahanan.

“Kami ingin benahi cara bertahan tim ini. Tapi, bukan berarti PSIS hanya akan main bertahan di kandang Borneo. Saya selalu tekankan bahwa pemain belakang harus bisa mengurangi pelanggaran-pelanggaran yang tidak perlu, terutama di dekat area 16 meter,” ucapnya.

Eks pembesut Mitra Kukar itu juga meminta bek-bek Mahesa Jenar bisa lebih ngotot. “Tim ini dihuni pemain-pemain muda dan saya ingin mereka bisa lebih fight dan lebih cerdas dalam mengambil keputusan,” tandasnya.

Selain itu, Subangkit menginginkan anak asuhnya agar bermain sebagai sebuah tim. “Dari dua ujicoba sebelumnya, masih terlihat pemain-pemain cenderung egois, sehingga teamwork juga akan terus kami asah,” imbuh pelatih asal Pasuruan itu.

Rencananya, Subangkit bakal memboyong 20 pemainnya ke markas Pesut Etam. Mereka dijadwalkan bertolak dari Semarang pada Sabtu (18/2) mendatang. (twy)

You might also like

Comments are closed.