Benarkah Banaspati yang Meneror Warga Jangli Tlawah?

Salah seorang warga menunjukkan tikar yang terbakar akibat kemunculan api misterius di Jangli Tlawah. Foto: metrosemaranf.com/fariz fardianto
Salah seorang warga menunjukkan tikar yang terbakar akibat kemunculan api misterius di Jangli Tlawah. Foto: metrosemaranf.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Kalangan spiritual masih menerawang rumah keluarga Kastari di Kampung Jangli Tlawah III, Kelurahan Karanganjar Gunung, Candisari Semarang yang belakangan ini diteror api misterius. Paranormal dari komunitas Semarang Angker (Semarangker) bahkan melihat ada penampakan gaib yang muncul di rumah RT 06/RW V tersebut.

“Pak Kastari juga bilang sendiri, memang ada bayangan besar hitam di rumahnya. Wujudnya membesar sebelum bunga api membakar berbagai perabot rumahnya,” ungkap Slamet Risma Aji, Wakil Ketua Semarangker, saat dikonfirmasi awak media, Minggu (21/2).

Slamet lantas menerangkan bila penampakan gaib itu merupakan wujud metafisika yang kerap dipercaya orang Jawa. Ia menyebut, sosok hitam besar di rumah Kastari tak lain adalah jin penghuni rumah.

Ia berpendapat, sosok gaib itu sengaja menampakan jatidirinya dalam bentuk api misterius karena menempel di tubuh anak dari salah satu keluarga Kasrari, seusai turun dari Gunung Andong Magelang. “Sejak itu, api muncul terus menerus,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga rumah milik keluarga Kastari sejak dua minggu belakangan memang kerap muncul api misterius. Api dalam bentuk kecil tiba-tiba muncul dari balik selimut, baju dan celana yang digantungkan, sprei, kasur hingga perabotan mandi dan alat rumah tangga lainnya.

Kastari yang memergoki temuan ini justru dibuat bingung. Pasalnya, Kastari melihat sendiri bunga api itu membakar perabotan rumahnya tanpa sebab yang pasti.

“Tidak ada gas yang bocor dan tidak ada satupun kabel listrik yang korsleting. Tapi tiba-tiba semuanya terbakar. Kalau saya lengah sedikit saja, rumah ini pasti ludes dilalap api,” keluhnya.

Lebih jauh, Slamet melihat dalam mata batinnya jika api misterius yang muncul tersebut disebabkan penampakan sosok naga api. Dalam mitologi Jawa kuno, Slamet menganggap naga api kerap disebut sebagai banaspati.

“Karena tidak bisa dipecahkan dengan logika, kami akhirnya menyimpulkan pada ranah spiritual. Karena setelah petugas PGN, BPBD dan kepolisian mengecek, api ini bukan dari gas maupun korsleting listrik,” akuinya.

Slamet menyebut, teror api ini tipu daya jin untuk membuat iman seseorang luntur. Makhluk jin bisa setiap saat merubah wujudnya menjadi apapun, seperti api dan sosok-sosok metafisik lain.

“Tapi jika sering didoakan oleh yang punya rumah pasti hilang sendiri. Senin besok kita masih akan lakukan doa bersama dan bakti sosial di sana,” terangnya. (far)

You might also like

Comments are closed.