Berani Makan Bakso di Dalam Kloset? Datang Saja ke Cafe Jamban

METROSEMARANG.COM – Beberapa kloset berjejer rapi melingkari meja di sebuah kafe. Di atas meja juga terdapat dua buah kloset. Tampak aneh memang. Tapi itulah suasana yang dihadirkan di Cafe Jamban.

Kafe di Jalan Untung Suropati Manyaran ini hanya buka sore hingga malam hari. Seorang juru masak di kafe itu mengatakan ada berbagai menu yang siap santap di dalam kloset. “Ada bakso sapi sampai es buah lengkap di sini,” ujarnya.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Si pemiliknya, Budi Laksono menyebut kafenya memang hanya disinggahi oleh orang-orang tertentu saja. “Kebanyakan dipakai sebagai tempat diskusi bagi orang-orang yang peduli tentang kebersihan sanitasi khususnya jamban,” katanya, Rabu (29/6).

Budi yang jadi dokter swasta sekaligus dosen Epidemiologi Fakultas Kedokteran Undip ini tergerak untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya punya jamban sendiri di rumah. Makanya, ia terbesit ide gila membangun kafe yang diisi perabotan jamban berupa kloset duduk dan jamban jongkok. “Memang bukan buat menebar sensasi,” tegasnya.

Melalui Cafe Jamban, ia ingin mengampanyekan gerakan peduli sanitasi jamban di Indonesia. Di Indonesia sendiri, masih ada 38 persen warga yang belum punya jamban. “Terus terang, saya prihatin akan hal itu,” bebernya.

Ia ingin membuat cafe jamban lagi di tempat lain agar gerakan jambanisasi merebak di pelosok negeri. Hingga pada akhirnya cita-citanya membuat semua warga Indonesia punya jamban dapat terwujud. (far)

You might also like

Comments are closed.