Beranjak dari Kisah Nyata ‘Padman’ Menepis Hal Tabu Wanita India

Film Inspirasi Dari Kisah Nyata

Apa yang terlintas dipikiran ketika membahas soal film bollywood? Musik, tarian dan budaya yang selalu dipatuhi. Ceritanya pun beragam mulai dari kisah termehek-mehek hingga kisah yang berasal dari kehidupan inspiratif seseorang.

(sumber foto: filmiadda.com)

Apa yang terlintas dipikiran ketika membahas soal film bollywood? Musik, tarian dan budaya yang selalu dipatuhi. Ceritanya pun beragam mulai dari kisah termehek-mehek hingga kisah inspiratif seseorang.

Jangan bayangkan jika dalam film ini kalian menemukan manusia berkostum mirip pembalut seperti gambaran superhero di film sebelah. Padman yang tayang pada 28 Januari 2018 merupakan film yang berangkat dari kisah nyata Muruganandam Arunachalam, kemudian dibukukan oleh Twinkle Khanna  dengan judul The Legend Of Lakshmi Prasad.

Di dalam film yang diperankan oleh Akhshay Kumar sebagai Lakshmikant Chauhan (Murug dikehidupan nyata), merupakan seorang suami  yang mencintai istrinya Gayatri (Radhika Epte). Pada suatu hari sang istri memasuki masa menstruasi yang membuat dirinya harus mengisolasikan diri selama masa menstruasinya. Kekhawatiran Lakshmi menjadi-jadi ketika melihat istrinya memakai kain kotor (pembalut pada saat itu) yang dia sendiri tidak akan memakai kain itu untuk membersihkan sepedanya.

Nyatanya pada tahun 1998 hal itu memang terjadi di India, hal itu diketahui oleh Muruganandam saat istinya mengalami menstruasi. Harga pembalut yang teramat mahal menjadikannya barang yang eksklusif bahkan hanya 10 hingga 20 persen wanita india yang mampu membelinya. Banyak juga dari mereka yang menganggap hal itu tabu “Mereka lebih baik mati dari pada malu” itulah yang disampaikan Gayatri dalam film Padman.

Dari sanalah si Padman ini berniat untuk membuat pembalut dengan harga yang lebih murah. Setelah sekian banyak uji coba yang ia lewati. Mulai dari membuat pembalut dari kapas bisa hingga mencobanya sendiri dengan menggunakan kantong yang di pasang di pinggang dengan cairan darah kambing.  Banyak orang menganggap bahwa dia gila atau maniak seks.

Sempat diusir dari desa dan ditinggalkan sang istri tercinta karna perilakunya yang dianggap aneh. Si Padman pantang menyerah, sampai akhirnya ia membuat inovasi sendiri dengan membuat teknologi mesin pencetak pembalut yang membuat produksi yang dikeluarkan lebih murah. Saat ini dia sudah menyelamatkan ribuan wanita India yang kurang mampu untuk membeli pembalut. Inovasi Muruganandam Arunachalam  kini telah dipakai di 19 negara. Terbayang kan berapa nyawa yang dia selamatkan dengan kelakuan yang dianggap gila.

Comments are closed.