Berantas Pungli, Pemkot Perbanyak Layanan Berbasis Online

METROSEMARANG.COM – Upaya untuk mencegah dan memberantas praktik pungutan liar (pungli) dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dengan melakukan inovasi berupa penerapan sistem online dalam berbagai layanan publik.

Wali Kota Hendrar Prihadi meninjau pelayanan data kependudukan sehari langsung jadi yang digelar Disdukcapil di Kelurahan Tlogosari Kulon, Pedurungan, Selasa (21/3). Foto: metrosemarang.com/dok

‘’Kami terus berinovasi dengan memberlakukan berbagai layanan dengan sistem online untuk memberantas pungli,’’ kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Minggu (14/5).

Wali kota yang biasa disapa Hendi menuturkan, sejumlah layanan publik yang sudah menerapkan sistem online di antaranya layanan perizinan mengurus Keterangan Rancangan Kota (KRK). Sistem KRK online ini mempersingkat waktu perizinan.

‘’Ada juga ATCS untuk memantau kemacetan lalu lintas, kemudian ada juga Wis Semar bagi pengunjung di Kota Semarang dan lainnya,’’ ungkapnya.

Ia menjelaskan, pemberlakuan layanan publik berbasis online tersebut meminimalisir adanya tatap muka langsung antara pegawai pemkot dengan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan, misalnya dalam pengurusan perizinan.

‘’Karena dengan seringkali tatap muka itu bisa dipakai peluang kesempatan untuk aktivitas yang melanggar aturan, misalnya pungli atau membuat lama proses perizinan,’’ katanya.

Ditambahkan, untuk mencegah praktik pungli, pihaknya juga sudah memiliki portal web dengan alamat www.semarangkota.go.id. Portal ini sebagai muara semua informasi yang ingin diketahui masyarakat, termasuk adanya layanan berbasis online.

‘’Sehingga jika informasi adanya layanan informasi berbasis online itu tersosialisasi dengan baik maka akan mengurangi potensi terjadinya pungli,’’ pungkasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.