Berawal Dari Hobi Fotografi, Hasilkan Uang Jutaan

Salah satu hasil jepretan foto Danis. Foto : ist/metrosemarang.com

 

SEMARANG – Setiap orang pasti memiliki hobi, tak terkecuali Danis Septiya Pamuji penyedia jasa foto asal Bandungan, Kab. Semarang yang memanfaatkan hobi fotografinya untuk mencari pundi-pundi rupiah.

Sudah sejak kecil Danis memiliki hobi travelling dan fotografi, awalnya ia menggunakan handphone ibunya untuk mengambil gambar. Seiring berjalannya waktu ia gemar travelling. Ada kesan tersendiri ketika ia sedang travelling, ia ingin setiap travelling memiliki foto yang bagus dan komposisi yang pas. Lalu ia pun mengunggah hasil jepretannya ini ke akun instagramnya @danissp dan tak jarang menuai pujian dari para followers-nya.

“Sudah sejak kecil, dulu sering ngefoto-foto hal-hal yang kadang gak penting pakai hp ibuku. Tapi mulai menekuni dunia fotografi sejak masuk ke dunia travelling. Entah tuntutan atau gimana ya, tiap travelling harus punya foto bagus, komposisi & angel yang pas buat diupload ke sosial media. Mulai dari sinilah perjalanan fotografiku dimulai,” ujar Danis.

Sudah cukup lama menekuni hobi fotografi, Danis mencoba untuk memanfaatkan hobinya ini. Salah satu followers-nya ingin menggunakan jasa foto Danis untuk acara pernikahannya. Lalu Danis menerima tawaran tersebut walaupun sebelumnya belum pernah menerima jasa untuk foto pernikahan. 

“Pertama kali mencoba terjun ke dunia fotografi berawal dari salah satu followers instagram yang minta fotoin pernikahannya. Pada waktu itu aku sempet menolak karena belum pernah punya pengalaman ngefotoin pernikahan orang karena biasanya cuma foto di alam. Karena dia sudah percaya yaudah aku ambil job tersebut sekalian buat belajar. Dan foto-foto pernikahannya tadi aku upload di instagram storyku dan ternyata banyak yang suka. Tapi saat itu karena masih sekolah gak mau menerima job lagi karena masih mikirin main sih,” tambahnya.

Pada bulan September 2020 ia mencoba untuk mulai menekuni hobinya untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Di sisi lain karena pandemi mengharuskan dirinya untuk survive dan juga sebagai portofolio dirinya. Dengan itu Danis membuat akun instagram @gelemotret sebagai wadah dalam membagikan hasil jepretannya.

“Mulai bulan September semenjak ada pandemi ini aku mulai lagi menggeluti dunia perfotografian. Aku mencoba membuat akun instagram dengan nama gelemotret khusus portofolio hasil gambarku dan membuka jasa fotografi dan alhamdulillah banyak yang suka sampai sekarang,” imbuhnya.

Hasil jepretan Danis ini dibilang cukup unik dan mempunyai banyak penggemar. Harga yang terjangkau sudah mendapatkan hasil foto yang tak kalah jauh dengan fotografer profesional. Sehingga banyak orang yang ingin memakai jasanya. 

“Kata orang-orang sih yang unik dari gelemotret tone warna yang digunakan pada setiap foto & videonya ya. Pernah juga seseorang ada yang bilang harganya standar tapi kualitasnya malah melebihi fotografer yang lebih mahal yang pernah dia sewa sebelumnya. Selain itu gelemotret bisa edit dan cetak dalam waktu  kurang dari 1 hari. Jadi H+1 setelah foto bisa langsung jadi,” ujar Danis.

Danis mengaku bahwa dengan hobi fotografinya ini ia bisa mendapatkan penghasilan 3 bulan uang sakunya saat SMK setiap 1 kali mendapat orderan. Bisa dibayangkan berapa puluh juta ketika satu bulan Danis menerima 4-5 kali orderan. 

“Pendapatan sih gak menentu ya. Tergantung sering atau enggaknya dapet job. 1 kali job setara dengan uang saku pas SMK selama 3 bulan lah,” tutup Danis.(hes/ris)

Comments are closed.