Berkah Ramadan, Omzet Penjual Peci di Kauman Bisa Tembus Rp 10 Juta Per Hari

METROSEMARANG.COM – Datangnya bulan suci Ramadan menjadi berkah bagi para penjaja busana muslim, termasuk peci atau songkok. Di Semarang, penjual penutup kepala ini bisa meraup untung hingga jutaan rupiah selama Ramadan.

Penjual peci di kawasan Masjid Agung Semarang meraup untung berlipat saat Ramadan. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Rizak Azis salah satunya. Pria yang membuka lapak di kawasan Masjid Agung Kauman, Semarang ini mengaku kebanjiran rejeki saat bulan Ramadan tiba. Jika di hari biasa ia hanya mampu meraih omzet Rp 500-700 ribu perhari, namun ketika bulan Ramadan omzetnya bisa naik lebih dari dua kali lipat.

“Ini baru awal-awal bulan Ramadan, jadi omzetnya enggak terlalu besar. Paling bisa meraup keuntungan sehari sekitar Rp 1 juta-Rp 2 juta perhari. Nanti, ramainya pas 10 hari sebelum Lebaran,” ujar Azis sembari merapikan barang dagangannya, Kamis (1/6).

Azis juga mengatakan, omzet tersebut masih akan terus naik seiring dengan semakin dekatnya hari lebaran. Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, mulai H-10 Lebaran banyak pengunjung yang memborong dagangannya.

“Kalau jelang Lebaran biasanya saya bisa meraup omzet mencapai Rp 5-10 juta per hari. Kebanyakan yang datang membeli peci atau songkok untuk Salat Id,” beber Azis.

Peci yang dijualnya pun ada berbagai varian, mulai dari yang bermotif kartun hingga motif untuk orang dewasa. Namun dari sekian banyak jenis peci yang dijualnya, peci bermotif tokoh animasi Angry Birds lah yang paling digandrungi. Peci yang dijual dengan ukuran kepala anak-anak itu dibanderol dengan harga Rp 20.000-Rp 35.000.

“Alhamdulillah, hasil (penjualan) bisa buat bekal merayakan Hari Raya  Idul Fitri nanti,” tutur pria asli Kauman ini.

Selain menjual peci, ia juga menyediakan kebutuhan beribadah lain, seperti baju muslim, tasbih, Alquran, hingga minyak wangi khas Timur Tengah. Semua barang dagangannya itu ia peroleh dari distributor asal Gresik, Jawa Timur.

Hal senada juga diungkapkan penjual barang-barang kebutuhan muslim lainnya, Syaiful Rizal. Pedagang yang menggelar dagangannya di luar kompleks Masjid Agung Kauman Semarang itu juga mengaku meraup keuntungan berlimpah saat bulan puasa.

“Syukurlah. Ini rezeki di bulan puasa. Rezeki bulan Ramadan. Semoga membawa berkah,” cetusnya. (fen)

You might also like

Comments are closed.