Berkas Lengkap, Harini Segera Jalani Persidangan

Harini Krisniati saat memasuki mobil Kejari Semarang untuk dibawa ke Lapas Wanita Bulu, Senin (11/5) sore. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Harini Krisniati saat memasuki mobil Kejari Semarang untuk dibawa ke Lapas Wanita Bulu, Senin (11/5) sore. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

SEMARANG – Berkas kasus korupsi program Semarang Pesona Asia (SPA) 2007 yang menyeret tersangka Harini Krisniati telah dilimpahkan ke jaksa penuntut umum Kejari Semarang, Kamis (21/5). Dengan demikian, staf ahli Wali Kota Semarang itu bakal segera menjalani persidangan.

Hal tersebut diungkapkan, Kasipidsus Kejari, Sutrisno Margi Utomo. “Perhitungan kerugian negara telah selesai dilakukan penyidik. Dari bukti-bukti yang telah diperiksa, ditemukan kerugian sekira Rp 500 juta. Kita ketahui jumlah kerugian bertambah setelah sebelumnya ditemukan sekira Rp 406 juta,” kata dia.

Terkait proses hukum lebih lanjut, menurut Sutrisno, sudah sepenuhnya menjadi kewenangan  JPU untuk menyusun berkas dakwaan dan kemudian melimpahkannya ke pengadilan. Selain itu, apabila dalam persidangan nanti ditemukan fakta baru, maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pengembangan kembali.

“Dari fakta di persidangan itu, nantinya menjadi bahan untuk melakukan penyidikan lebih lanjut terkait kasus SPA,” tandasnya.

Seperti yang diketahui, Harini ditetapkan sebagai tersangka selaku sekretaris panitia SPA 2007 pada 6 Januari lalu. Dalam program SPA tersebut, dana sponsor di luar APBD Rp 3,5 miliar itu dikelola secara menyimpang dari ketentuan dan tidak dilaporkan ke kas daerah.

Sebagian besar dana sponsor, yaitu Rp 600 juta tersimpan di rekening atas nama tersangka Harini Krisniati di Bank Jateng. Sekitar Rp 200 juta di dalam kas dan disimpan di kantor. Harini Krisniati resmi ditahan, Senin (11/5) sore, setelah sempat menjalani perawatan selama beberapa hari di RS Telogorejo dan RSUP Dr Kariadi. (yas)

You might also like

Comments are closed.