Bernostalgia ke Masa Kejayaan Louhan di Pasar Ikan Higienis Semarang

METROSEMARANG.COM – Puluhan ikan louhan mengikuti ajang kontes ikan hias di Pasar Ikan Higienis (PIH) Semarang. Selama dua hari, Sabtu-Minggu (5-6/3), Anda yang rindu dengan ikan-ikan berkepala nonong ini bisa datang ke Jalan Pengapon No 39.

Sebanyak 40 ikan louhan beragam ukuran dihadirkan dalam kegiatan yang diinisiasi Louhan Semarang Family (LSF) di bawah Perhimpunan Pecinta Louhan Indonesia (P2LI). Ikan tersebut dibagi menjadi kategori, yakni Cingwha C, Cencui C, dan Free Marking C.

Kontes louhan di Pasar Ikan Higienis (PIH) Semarang. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Kontes louhan di Pasar Ikan Higienis (PIH) Semarang. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

“Ikan yang mengikuti kompetisi panjangnya maksimal 16 centimeter,” kata penyelenggara acara mini kontes ikan hias louhan, Awan Purnomo, Sabtu (5/3).

Awan menuturkan, pecinta ikan hias jenis louhan di Kota Semarang cukup banyak. Hanya saja, sampai saat ini belum ada wadah untuk mengapresiasi para pecinta hewan air tersebut. Dengan diadakannya mini kontes tersebut, pihaknya ingin memberikan wadah kepada para penghobi ikan hias yang pernah populer di awal tahun 2000 an ini untuk unjuk kebolehan hasil rawatannya.

“Ini merupakan acara pertama di Semarang, tujuannya lebih kepada bagaimana louhan bisa menjaring penghobi sesungguhnya, baik yang baru maupun yang lama,” jelasnya.

Awan menambahkan, kontes kali ini juga dihadiri pecinta louhan dari luar Semarang, seperti Jogja, Solo dan Jakarta. “Untuk juri kita datangkan Erwien Wien dari Jakarta, dia dari P2LI juga,” tandasnya. (din)

You might also like

Comments are closed.