Beroperasi di Puing Kebakaran Johar, 75 Gento Diamankan

image
Pedagang mengais sisa kebakaran di Pasar Johar. Struktur tiang bertentuk cendawan pada bangunan Pasar Johar diminta dipertahankan. Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha

SEMARANG – Kabid Trantibum Satpol PP Kota Semarang, Kusnandir mengatakan sejak terjadi kebakaran dahsyat di Pasar Johar pada hari Sabtu (9/5) lalu, pihaknya mengaku sudah mengamankan sebanyak 75 orang yang terindikasi melakukan pencurian alias gento.

Mereka mendadak menjadi pemulung besi, seng, dan puing-puing bangunan sisa kebakaran, yang bisa dijual. “Ada sekitar 75 pemulung yang kami amankan. Semuanya tertangkap basah mencuri barang bekas di lokasi kebakaran,” katanya, Sabtu (16/5) Siang.

Selain itu, menurut Kusnadir, pemulung dadakan yang beraksi mencari barang bekas di lokasi Pasar Johar tersebut sangat meresahkan pedagang yang kiosnya terbakar.

“Mereka mengangkut barang-barang bekas, baik besi, etalase, dan barang-barang lain, yang sebenarnya masih bisa dimanfaatkan oleh pemilik kios,” katanya.

Meski demikian, puluhan pemulung tersebut tidak diproses melalui jalur pidana pencurian melainkan hanya diberikan pengarahan dan membuat surat penyataan. “Kami lakukan pendataan, kemudian dilakukan pembinaan. Setelah itu kami lepaskan,” tandasnya.(Yas)

You might also like

Comments are closed.