Beroperasi Tiap Weekend, KA Ciremai Kini Sediakan Gerbong Difabel

METROSEMARANG.COM – Demi menggaet para pelancong di akhir pekan, PT KAI Daop 4 Semarang mulai akhir bulan ini mengoperasikan Kereta Ciremai Tambahan tujuan Stasiun Semarang Tawang-Bandung PP khusus di hari Sabtu. Menariknya, di dalam kereta tersebut juga disediakan tempat duduk untuk penyandang disabilitas.

Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

Pengoperasian perdana Kereta Ciremai Tambahan ini bakal dilakukan Sabtu (22/4) pagi. Daop 4 Semarang menyatakan Kereta Ciremai Tambahan ini punya gerbong kelas ekonomi dan eksekutif. Harga tiketnya, menurut Manager Humas Daop 4 Semarang, Edy Kuswoyo, yaitu berkisar Rp 260 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp 130 ribu untuk kelas ekonomi.

Ia menyebut, Kereta Ciremai Tambahan ini menggunakan rangkaian dua gerbong eksekutif dengan kapasitas tiap unit 50 orang, dua gerbong ekonomi new image difabel dengan kapasitas tiap unit 64 orang dan tiga gerbong ekonomi terbaru berkapasitas tiap unit 80 orang.

“Sehingga total kapasitasnya ada 100 penumpang eksekutif dan 368 penumpang ekonomi,” ungkap Edy kepada metrosemarang.com.

KAI, katanya melakukan terobosan baru pada Kereta Ciremai Tambahan demi menghadirkan pelayanan yang lebih baik terhadap penumpangnya. Dibandingkan dengan kereta kelas ekonomi biasa, pada gerbong ekonomi new image memiliki banyak perubahan di bagian interior, kabin bagasi penumpang, dilengkapi dua televisi LED, kursi dan colokan listrik.

Jumlah kursi pada gerbong ekonomi yang semula menampung 106 penumpang, kini hanya menampung 80 orang. Sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman.

Selain itu PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang memberikan tarif partial keberangkatan dari Semarang Tawang atau Semarang Poncol pada Kereta Ciremai Tambahan tujuan Pemalang, Pekalongan, Tegal, maupun Cirebon seharga Rp 160 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp 80 ribu untuk kelas ekonomi.

Sementara tujuan Jatibarang maupun Cikampek diberikan tarif khusus Rp 210 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp 105 ribu untuk kelas ekonomi.

“Tiket Kereta Ciremai Tambahan sudah dapat dibeli pada Rabu 19 April 2017 pukul 21.00 WIB,” cetusnya.

Jadwal keberangkatan kereta tersebut dari Stasiun Semarang Tawang pukul 09.00 WIB akan berhenti di Stasiun Pekalongan, Pemalang, Tegal, Cirebon, Jatibarang, Cikampek, Purwakarta kemudian tiba di Stasiun Bandung pukul 17.44 WIB.

Untuk pemberangkatan dari Stasiun Bandung dimulai pukul 20.15 WIB berhenti di Stasiun Cikampek, Haurgeulis, Jatibarang, Cirebon, Tegal, Pekalongan kemudian tiba di Stasiun Semarang Tawang pukul 04.40 WIB. (far)

You might also like

Comments are closed.